Sukses


Napoli Raih Scudetto Setelah Argentina Juara Piala Dunia 2022, Diego Maradona Pasti Tersenyum!

Bola.com, Jakarta - Belum genap tiga tahun setelah Diego Armando Maradona meninggal dunia, Timnas Argentina sukses menjuarai Piala Dunia 2022 dan Napoli meraih Scudetto setelah menjadi yang terbaik di Serie A Liga Italia 2023. Torehan yang mirip dengan yang dicapai kedua tim ketika dibela Diego Maradona pada 1986 dan 1987.

Diego Armando Maradona, merupakan legenda sepak bola dunia asal Argentina yang telah tutup usia pada 25 November 2020. Begitu melegendanya Maradona hingga Napoli yang pernah dibawanya dua kali meraih Scudetto mengabadikan namanya dengan mengubah nama stadion San Paolo menjadi Diego Armando Maradona Stadium.

Dalam karier sepak bolanya, Maradona pernah membela Boca Juniors dan kemudian berkarier bersama Barcelona, Napoli, dan Sevilla di tanah Eropa hingga akhirnya kembali ke Argentina untuk membela Newell's Old Boys dan Boca Juniors pada akhir karier profesionalnya.

Diego Maradona begitu melekat dengan Napoli karena keberhasilannya membawa klub asal Kota Naples itu meraih Scudetto pertamanya dalam sejarah pada musim 1986/1987, dan mengulanginya lagi pada musim 1989/1990.

Keberhasilan Maradona membawa Napoli meraih dua gelar Serie A Liga Italia itulah yang membuatnya menjadi seorang legenda di klub Italia itu hingga namanya diabadikan untuk stadion markas mereka setelah sang legenda meninggal dunia pada 2020 lalu.

Menariknya, keberhasilan Napoli meraih Scudetto pada musim 2022/2023 ini, atau yang ketiga dalam sepanjang sejarah klub, seakan melengkapi keberhasilan Argentina yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2022, di mana momen 36 tahun lalu seakan terulang.

 

2 dari 4 halaman

Maradona Bawa Argentina Juara Piala Dunia Setahun Sebelum Antar Napoli Juara Liga Italia

Sebelum membawa Napoli menjadi juara Serie A Liga Italia pada 1986/1987, Diego Maradona lebih dulu berhasil membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 1986.

Maradona mencetak lima gol di Piala Dunia 1986, pertama ke gawang Italia di fase grup, kemudian dua gol ke gawang Inggris di perempat final, dan dua gol lain dicetak ke gawang Belgia pada laga semifinal.

Maradona menjadi pemain yang melegenda bersama Timnas Argentina karena keberhasilannya menjadi juara Piala Dunia 1986 di Meksiko. Menariknya, setahun kemudian pemain bertubuh mungil ini juga berhasil membawa Napoli menjadi juara di Italia.

3 dari 4 halaman

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Napoli Scudetto 2022/2023

Momen keberhasilan Maradona membawa Timnas Argentina dan Napoli juara dalam dua tahun berturut-turut itu seakan terulang setelah sang legenda berpulang.

Dua tahun setelah Maradona meninggal dunia, Timnas Argentina berhasil kembali menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Lionel Messi membimbing rekan-rekannya untuk menjadi juara setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti di laga final.

Gelar juara Piala Dunia 2022 menjadi yang ketiga dalam sejarah Timnas Argentina. Sebelum Maradona membawa Tim Tango juara pada 1986, Argentina sudah lebih dulu meraih gelar perdananya di Piala Dunia 1978.

Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Skor 1-1 membuat Napoli memastikan diri menjadi juara Serie A Liga Italia musim ini dengana koleksi 80 poin dari 33 laga. (AFP/Andrea Staccioli);

Belum genap setahun setelah Piala Dunia 2022 di Qatar yang digelar pada Desember tahun lalu, Napoli, tim yang juga lekat dengan Maradona, juga berhasil kembali menjadi juara di Serie A Liga Italia.

Keberhasilan Maradona membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 dan Napoli juara Liga Italia 1986/1987 seakan terulang lagi dalam kurang dari tiga tahun setelah sang legenda meninggal dunia.

Sumber: Squawka

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Italia

Video Populer

Foto Populer