Sukses


5 Fakta Gelar Scudetto Napoli di Serie A Liga Italia 2022 / 2023: Sempat Gugup

Bola.com, Naples - Usai sudah penantian panjang Napoli untuk meraih gelar juara Serie A alias Scudetto. Tim berjulukan Il Partenopei itu dipastikan menjadi juara Serie A 2022/2023.

Keberhasilan Napoli itu dipastikan pada Jumat (5/5/2023) dini hari WIB. Mereka meraih satu poin yang diperlukan untuk memastikan gelar juara di kandang Udinese.

Hasil imbang di Dacia Arena itu membuat Napoli memiliki 80 poin dari 33 laga. Dengan lima laga sisa, tak mungkin ada lagi tim di Serie A musim ini yang mampu mengejar torehan poin Piotr Zielinski dkk.

Sebab, Lazio yang berada di posisi kedua baru memiliki 63 poin dengan jumlah pertandingan yang sama dengan yang sudah dijalani Napoli.

Bola.com merangkum lima fakta menarik yang mengiringi keberhasilan Napoli meraih gelar Scudetto di musim ini. Apa saja mereka?

 
2 dari 7 halaman

Gugup

Napoli memang pada akhirnya mampu meraih gelar juara Serie A 2022/2023. Namun, kegugupan jelas sangat terasa di skuad Il Partenopei.

Terutama pada laga-laga menentukan beberapa pekan ini. Bagaimana tidak, Napoli hanya bisa meraih dua kemenangan pada lima laga Serie A terakhir.

Sementara tiga laga sisanya berakhir dengan skor imbang. Termasuk laga menentukan melawan Salernitana akhir pekan lalu yang berakhir imbang 1-1 padahal Napoli sempat unggul lebih dahulu.

3 dari 7 halaman

Tercepat

Keberhasilan Napoli menjadi juara Seria A 2022/2023 menyisakan rekor tersendiri. Dengan masih menyisakan lima laga, mereka manejadi salah satu klub tercepat yang mampu menjadi jawara di Serie A.

Napoli menyusul langkah empat tim lain yang melakukannya. Empat tim yang dimaksud adalah Inter Milan, Torino, Juventus, dan Fiorentina.

Napoli bisa menjalani sisa musim di Serie A 2022/2023 dengan lebih santai. Namun, kondisi itu justru bisa membuat mereka semakin berbahaya.

4 dari 7 halaman

Hanya Kalah Tiga Kali

Napoli juga menjadi tim yang sangat sulit dikalahkan di Serie A 2022/2023. Sejauh ini Kim Min-jae dan kolega baru kalah tiga kali.

Menariknya, semua kekalahan itu dialami Napoli ketika sudah memasuki 2023. Mereka kalah 0-1 di kandang Inter Milan pada 5 Januari 2023.

Dua kekalahan selanjutnya dialami Napoli di kandang sendiri. Mereka kalah 0-1 dari Lazio pada (4/3/2023) dan 0-4 dari AC Milan (3/4/2023).

5 dari 7 halaman

Lini Depan Mengerikan

Lini depan adalah kekuatan utama Napoli pada musim ini. Victor Osimhen menjadi juru gedor utama dengan 22 gol. Torehan yang membuatnya berdiri nyaman dalam daftar pencetak gol terbanyak sementara.

Napoli sudah mencetak 69 gol sepanjang musim ini. Hanya Inter Milan dengan 60 gol yang memiliki catatan gol yang mendekati Napoli.

Jumlah gol Napoli bisa sangat mungkin bertambah. Dari lima laga sisa di musim ini, Napoli akan menghadapi banyak klub yang posisinya jauh di bawah mereka.

6 dari 7 halaman

Hadiah untuk Spalletti

Gelar juara Serie A 2022/2023 yang diraih Napoli juga menjadi hadiah spesial bagi sang pelatih, Luciano Spalletti. Ini adalah gelar Serie A pertamanya.

Hebatnya, gelar ini juga mencatatkan Spaletti ke dalam buku rekor. Dengan usia 64 tahun, ia menjadi pelatih tertua yang meraih gelar Scudetto.

Sebelumnya, prestasi terbaik Spaelletti di Italia adalah hanya dua kali meraih gelar Coppa Italia dan sekali meraih trofi Supercoppa Italiana. Dua gelar itu diraih ketika ia menukangi AS Roma.

7 dari 7 halaman

Persaingan di Serie A Liga Italia

Video Populer

Foto Populer