Sukses


Bungkam Al Hilal, Urawa Red Diamonds Raih Trofi Liga Champions Asia yang Ketiga

Bola.com, Saitama - Urawa Red Diamonds berhasil mengalahkan Al Hilal dengan skor 1-0 pada laga leg kedua final Liga Champions Asia. Hasil itu membuat Urawa unggul agregat 2-1, dan meraih trofi Liga Champions Asia yang ketiga.

Menjalani pertandingan kedua final di Saitama Stadium, Sabtu (6/5/2023) sore WIB, Urawa Red Diamonds mendapat perlawanan sengit dari Al Hilal. Bahkan, beberapa kali serangan klub Arab Saudi tersebut mampu merepotkan barisan belakang Urawa.

Namun dewi fortuna tersenyum kepada wakil Jepang itu. Gelandang Al-Hilal, Andre Carrillo, membuat gol bunuh diri pada menit ke-48.

Masuk paruh kedua, Al-Hilal tampil all-out untuk menyamakan kedudukan. Namun, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 untuk kemenangan Urawa Red Diamonds tetap bertahan.

Berkat kemenangan tersebut, Urawa Red berhak atas gelar juara Liga Champions Asia. Urawa Red Diamonds unggul agregat 2-1 atas Al Hilal, setelah pada pertemuan pertama di King Fahd International Stadium, Riyadh, 29 April 2023 bermain imbang 1-1.

 

2 dari 3 halaman

Menorehkan Sejarah

Keberhasilan Urawa memenangkan Liga Champions Asia musim ini menorehkan catatan emas di buku sejarah tim asal Jepang itu.

Urawa Red Diamonds menjadi tim Jepang pertama yang memiliki tiga trofi Liga Champions Asia. Dua gelar sebelumnya diraih pada 2006 dan tahun 2016.

Sementara itu, lima tim Jepang lainnya, Jubilo Iwata, JEF United Chiba, Tokyo Verdy, Kashima Antlers, dan Gamba Osaka sama-sama baru memiliki satu trofi saja.

Selain itu, Urawa Red Diamonds menjadi tim kedua di Asia dengan raihan trofi Liga Champions Asia terbanyak. Mereka memiliki jumlah trofi yang sama dengan Pohang Steelers (3) dan hanya kalah dari Al-Hilal selaku jawara Asia (4).

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Urawa Red Diamonds di Liga Champions Asia

Urawa Red Diamonds mengawali Liga Champions Asia musim ini dari Grup F. Mereka berada satu grup dengan Daegu FC, Lion City Sailors, dan Shandhong Taishan.

Mengoleksi empat kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan, Urawa Reds lolos ke fase gugur sebagai runner up grup F. Mereka kalah head to head dari Daegu FC sehingga mereka hanya finish sebagai runner up.

Di fase gugur, Urawa tampil gemilang. Di babak 16 besar mereka menghajar Johor Darul Ta'zim dengan skor telak 5-0 dan melaju ke perempat final.

Di perempat final, Urawa berjumpa dengan wakil Thailand, BG Pathum United. Namun lagi-lagi raksasa Jepang ini berhasil menang mudah dengan skor 4-0 sehingga mereka melaju ke semifinal.

Di semifinal, Urawa berjumpa dengan wakil Korea Selatan, Jeonbuk Motors. Kali ini, Urawa dibuat kesulitan oleh sang lawan, karena hingga babak tambahan waktu kedua tim hanya bermain imbang dengan skor 2-2, sehingga laga harus diteruskan ke babak adu penalti.

Di babak adu tos-tosan ini, Urawa berhasil menang dengan skor 3-1 sehingga mereka lolos ke partai final. Lawan yang akan mereka hadapi nanti adalah klub kuat asal Arab Saudi, Al-Hilal.

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi/Published: 06/05/2023)

 

Video Populer

Foto Populer