Sukses


Bawa Inter Milan dan AC Milan Melangkah Jauh di Liga Champions, Gianluigi Buffon Puji Peran Andre Onana dan Mike Maignan

Bola.com, Jakarta - Duo klub Milan tampil baik di Liga Champions 2022/2023 hingga berhadapan di semifinal, di mana Inter Milan yang berhasil melangkah ke partai puncak kejuaraan Eropa itu.

Namun, mantan kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon, memuji kiper dari masing-masing tim, Andre Onana dan Mike Maignan, sebagai kunci keberhasilan tim melangkah jauh di Liga Champions.

Inter Milan dan AC Milan sebenarnya bukan tim favorit pada awal Liga Champions musim ini. Namun, kedua tim itu mampu melangkah jauh di kompetisi elite Eropa itu berkat penampilan apik dari kiper mereka masing-masing.

Hngga pada akhirnya pada semifinal Liga Champions, Andre Onana dan Mike Maignan harus bertarung mempertahankan gawang masing-masing tim, karena AC Milan dan Inter Milan berhadapan.

Pada akhirnya, Andre Onana bersama Inter Milan menjadi pemenang dan lolos ke final.

Namun, terlepas dari siapa yang melangkah ke final Liga Champions, penampilan tangguh Andre Onana dan Mike Maignan membuat kiper legendaris Timnas Italia, Gianluigi Buffon, tak ragu memberikan pujian.

Menurut Buffon, Andre Onana dan Mike Maignan layak bersanding dengan deretan kiper top dunia saat ini.

2 dari 4 halaman

Tampol Konsisten

Menurut Buffon, pujian yang diberikannya layak disematkan bagi Mike Maignan. Bersama AC Milan, Mike Maignan sukses membuktikan kualitasnya sebagai kiper top Eropa.

Buffon menilai Maignan mampu memberikan bukti kehebatannya dengan membantu AC Milan meraih Scudetto pada musim lalu. Berkat Maignan, AC Milan juga mampu menjadi tim dengan pertahanan terkuat pada musim 2021/2022.

Padahal Maignan baru saja begabung bersama Rossoneri dari Lille pada musim itu. namun, ia langsung tampil apik dengan catatan 32 kebobolan dan 19 clean sheet dalam 39 laga bersama AC Milan.

"Maignan membuktikan dengan jelas pada musim lalu apa yang mampu dilakukannya. Jadi tidak terlalu mengejutkan melihat dia melakukan penyelamatan luar biasa bersama AC Milan pada musim ini," ujar Buffon dikutip dari Football Italia.

Musim ini Maignan sempat dibekap cedera hingga akhirnya hanya mencatatkan 26 laga bersama AC Milan. Namun, penampilan Maignan masih tergolong konsisten dengan hanya kebobolan 25 gol dan mencatatkan 9 clean sheet.

Maignan juga menjadi sosok vital di pertahanan AC Milan dalam kampanye Liga Champions. Kiper asal Prancis itu mulai mendapat sorotan setelah melakukan beberapa penyelamatan krusial di sistem gugur melawan Spurs dan Napoli.

3 dari 4 halaman

Andre Onana Tidak Kalah Tangguh

 

Jika Scudetto 2021/2022 menjadi bukti kehebatan Mike Maignan, Andre Onana juga tidak kalah. Tiket final Liga Champions 2022/2023 menjadi bukti nyata kehebatan Onana bersama Inter Milan.

Buffon bahkan merasa Onana menjadi kiper terbaik dalam kompetisi tersebut. wajar saja mengingat Onana merupakan kiper dengan jumlah penyelamatan dan clean sheet terbanyak di Liga Champions.

Jauh sebelum itu, Buffon juga sudah mencium aroma kehebatan Onana. Pasalnya, kiper asal Kamerun itu menggeser Samir Handanovic yang tampil sebagai pilihan utama dalam beberapa musim terakhir.

“Adapun Onana, dia menjelaskan sejak awal bahwa bahunya cukup lebar untuk memegang jersey Inter Milan. Perebutan posisi dengan Samir Handanovic juga merupakan kerja keras yang sulit,” ujar Buffon.

“Saya pikir saat ini Maignan dan Onana adalah salah dua dari lima penjaga gawang terbaik di dunia,” lanjutnya.

Sumber: Football Italia, Transfermarkt, dan UEFA

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 20/5/2023)

4 dari 4 halaman

Persaingan di Serie A Liga Italia

Video Populer

Foto Populer