Sukses


UEFA Pilih Szymon Marciniak Jadi Wasit Final Liga Champions, Man City Full Senyum dan Inter Ketar-ketir

Bola.com, Nyon - UEFA melalui situs resminya mengonfirmasi penunjukkan wasit asal Polandia, Szymon Marciniak, untuk menjadi pengadil dalam duel final Liga Champions 2022/2023 antara Manchester City melawan Inter Milan (11/6/2023).

"Szymon Marciniak asal Polandia akan menjadi wasit pada laga final Liga Chamnpions 2023 antara Manchester City melawan Inter Milan yang akan digelar di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, pada Sabtu, 10 Juni. Pertandingan akan dimulai pukul 21.00 CET atau 22.00 waktu setempat," bunyi pernyataan UEFA.

Dalam melaksanakan tugasnya, Szymon Marciniak akan dibantu asisten wasit yang juga berasal dari Polandia yakni Pawel Sokolnicki and Tomasz Listkiewicz. Adapun ofisial keempat berasal dari Rumania yakni Istvan Kovacs.

Adapun wasit VAR adalah Tomasz Kwiatkowski asal Polandia. Nantinya, akan dibantu asisten VAR yang juga berasal dari Polandia, Bartosz Frankowski.

Statistik mencatat, Szymon Marciniak musim ini memimpin tujuh pertandingan Liga Champions 2022/2023. Szymon Marciniak dikenal sebagai wasit yang gampang memberikan kartu kuning, yakni sebanyak 28 kali, dan dua kartu merah tidak langsung.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Inter Ketar-ketir

Penunjukkan Szymon Marciniak di final Liga Champions diprediksi membuat Inter Milan ketar-ketir. Marciniak tercatat pernah memimpin tujuh pertandingan yang melibatkan Inter.

Hasilnya adalah, Inter meraih dua kemenangan, tiga kali imbang, dan dua kali kalah. Szymon Marciniak juga pernah mengeluarkan 14 kartu kuning untuk pemain Inter Milan.

Namun, sang wasit tetap akan bersikap adil dalam laga nanti. Apalagi Szymon Marciniak dikenal punya riwayat kerja baik setelah memimpin final Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

City Full Senyum

Sementara itu, Manchester City boleh bernafas lega dengan penunjukkan Szymon Marciniak. Klub asal Inggris itu sudah dua kali dipimpin oleh Szymon Marciniak.

Terakhir, Manchester City mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-0 pada semifinal Liga Champions 2022/2023 di mana Szymon Marciniak yang jadi wasit. City tercatat selalu menang saat pertandingan dipimpin oleh Szymon Marciniak.

Keduanya pun identik yakni dengan skor 4-0. Laga pertama City saat dipimpin Szymon Marciniak adalah kemenangan 4-0 atas Feyenoord pada Liga Champions 2017/2018.

4 dari 4 halaman

Rapor Szymon Marciniak

Szymon Marciniak merupakan wasit Polandia berusia 42 tahun. Szymon Marciniak dipercaya memimpin Ekstraklasa atau Liga Polandia sejak 2009.

Dua tahun kemudian, Szymon Marciniak mendapatkan lisensi menjadi wasit FIFA. Setelah itu, Szymon Marciniak sering dipercaya FIFA dan UEFA untuk menjadi pengadil pada pertandingan persahabatan maupun turnamen resmi.

Selain menjadi wasit, Szymon Marciniak juga dikenal menekuni olahraga Muay Thai. Pada 2021, Marciniak didiagnosis menderita takikardia setelah pulih dari infeksi COVID-19, yang membuatnya tidak dapat memimpin pertandingan di Piala Eropa 2020.

Sumber: UEFA, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer