Sukses


Menghina Wasit Anthony Taylor usai Final Liga Europa, Jose Mourinho Siap-siap Dihukum UEFA

Bola.com, Jakarta - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho terancam mendapat hukuman dari federasi sepak bola Eropa, UEFA buntut kejadian setelah partai final Liga Europa 2022/2023 melawan Sevilla, Kamis (1/6/2023).

Jose Mourinho sangat kesal dengan wasit Anthony Taylor, sosok pengadil lapangan. AS Roma kandas dari Sevilla melalui adu penalti dengan skor 1-4 usai pada waktu normal dan perpanjangan waktu sama kuat 1-1.

Pada laga ini, Anthony Taylor membuat beberapa keputusan yang layak diperdebatkan. Salah satunya ketika pemain Sevilla melakuikan handsball di kotak penalti pada babak kedua.

Pada sebuah video yang viral di media sosial, Jose Mourinho tampak langsung menghampiri Anthony Taylor di parkiran stadion. Jose Mourinho terlihat mengeluarkan unek-unek dan salah satunya menyebut: "Anda benar-benar memalukan.".

Dia sampai ditenangkan oleh seorang petugas. Dalam video, tidak tampak Anthony Taylor membalas komentar Jose Mourinho.

2 dari 5 halaman

Dakwaan UEFA

Melansir Football Italia, Jumat (2/6/2023), UEFA kini mendakwa Mourinho yang dianggap menghina wasit Anthony Taylor setelah laga final Liga Europa. UEFA secara resmi membuka proses disipliner terhadap Mourinho.

Sebuah pernyataan dari komite disiplin UEFA telah menguraikan serangkaian tuduhan terhadap kedua klub setelah apa yang terjadi pada partai final yang berjalan ketat dan keras.

Kedua klub didakwa melempar benda dan menyalakan kembang api, ditambah perilaku tim yang tidak pantas.

Selain itu, suporter Sevilla juga didakwa melakukan invasi ke lapangan permainan. Sedangkan Roma didakwa dengan tindakan perusakan dan gangguan penonton.

3 dari 5 halaman

Hina Wasit

Sementara secara khusus, Mourinho didakwa dengan bahasa yang menghina atau kasar terhadap ofisial pertandingan.

Pelatih yang dikenal dengan julukan The Special One tertangkap kamera melontarkan kata-kata kasar kepada wasit Taylor di tempat parkir mobil setelah pertandingan.

4 dari 5 halaman

Suporter Mengamuk

Perilaku semacam ini, serta banyak penyebutan wasit dalam wawancara dan konferensi pers, membantu menciptakan suasana panas keesokan harinya. Para penggemar Roma menyerang Anthony Taylor dan keluarganya di bandara di Budapest.

Mereka mendorong, berdesak-desakan, mengejek hingga melempar kursi kepada sang wasit.

Menurut Sky Sport Italia, dua suporter ditangkap karena gangguan tersebut, satu dibebaskan dan yang lainnya tetap ditahan.

Sumber: Football Italia

5 dari 5 halaman

Ayo Tebak Tim Juara Liga Champions

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer