Sukses


5 Fakta Menarik Final UEFA Conference League, Fiorentina Vs West Ham: Duel Bersejarah

Bola.com, Jakarta - UEFA Conference League 2022/2023 akan melahirkan juaranya pada Kamis (8/6/2023) dini hari pukul 02.00 WIB. Fiorentina menghadapi West Ham pada laga final di Eden Arena, Praha.

Meskipun berada di ambang degradasi dari Liga Inggris musim ini, West Ham telah berjuang melewati beberapa lawan tangguh untuk mencapai final Eropa besar pertama mereka.

The Hammers menghadapi FCSB, Silkeborg IF dan RSC Anderlecht di babak grup, lalu mengalahkan AEK Larnaca, KAA Gent dan AZ Alkmaar di babak sistem gugur turnamen.

Di sisi lain, Fiorentina menyelesaikan musim Seire A di posisi ke-8, dan menjadi runner up di grup yang terdiri dari Basaksehir, Hearts of Midlothian dan RFS.

Fiorentina kemudian menghadapi SC Braga, Sivasspor, Lech Poznan dan FC Basel dalam perjalanan mereka ke final. Berikut ini sejumlah fakta menarik yang membungkus partai final UEFA Conference League 2022/2023.

2 dari 7 halaman

1. Pertemuan Bersejarah

Laga final UEFA Conference League 2022/2023 antara Fiorentina kontra West Ham akan menjadi bersejarah bagi kedua tim. Sebab pertemuan nanti menjadi yang perdana bagi keduanya dalam sebuah turnamen bergengsi.

Ya, meski sudah banyak klub Italia dan Inggris saling bertempur di kompetisi Eropa, namun tidak bagi Fiorentina dan West Ham. Kedua belah pihak telah bertemu dua kali sebelumnya di final Piala Liga Anglo-Italia pada tahun 1975, dengan Fiorentina keluar sebagai pemenang agregat 2-0. T

urnamen tersebut mengadu pemenang Piala FA Inggris melawan pemenang Coppa Italia Italia, dan diadakan selama lima tahun.

3 dari 7 halaman

2. Modal Jelang Final

Fiorentina punya modal lumayan apik menjelang laga final kontra West Ham dini hari nanti. Yaitu hasil lima pertandingan terakhir di kompetisi domestik.

La Viola menang tiga kali, kalah sekali, dan imbang sekali. Adapun West Ham sudah menelan tiga kali dan menang sebanyak dua kali.

4 dari 7 halaman

3. Adu Tajam Arthur Cabral dan Said Benrahma

Baik Fiorentina dan West Ham sama-sama gacor hingga menjejakkan langkahnya ke final UEFA Conference League. Praktis laga dini hari nanti akan menjadi adu ketajaman pencetak gol terbanyak kedua tim.

Di kubu Fiorentina ada sosok Arthur Cabral. Pemain asal Brasil yang menjadi pencetak gol terbanyak Fiorentina di kompetisi UEFA Conference League musim ini. Ia sudah mengoleksi 8 gol.

Sementara West Ham punya Said Benrahma. Gelandang serang asal Aljazair yang sudah mencetak enam gol sejauh ini. Mereka juga masih punya Jarod Bowen yang koleksi golnya sama dengan Benrahma.

5 dari 7 halaman

4. Kans Tambah Koleksi Trofi

Fiorentina dan West Ham merupakan dua tim yang sama-sama dikenal sebagai kuda hitam di negara masing-masing. Jadi tidak banyak trofi bergengsi Eropa yang dimiliki keduanya.

Final UEFA Conference League dini hari nanti akan menambah koleksi trofi bagi Fiorentina dan West Ham. La Viola dalam sejarahnya mengoleksi satu Piala Super Eropa dan satu Piala UEFA. Sedangkan West Ham baru mengoleksi satu kali Piala UEFA.

6 dari 7 halaman

5. Dipimpin Wasit Spanyol

Laga final UEFA Conference League 2022/2023 antara Fiorentina versus West Ham akan dipimpin oleh wasit asal Spanyol, Carlos del Cerro Grande.

Wasit berusia 47 tahun itu sudah sering memimpin pertandingan di level La Liga maupun antarklub Eropa. Tidak hanya di UEFA Conference League, Cerro Grande juga sering memimpin pertandingan di Liga Champions.

Sumber: Soccerway

7 dari 7 halaman

Ayo Tebak Juara Liga Champions Musim Ini

https://www.newshub.id/interactive2/4425

Video Populer

Foto Populer