Sukses


26 Klub Sudah Memastikan Lolos ke Fase Grup Liga Champions Musim Depan: Dari Man City hingga Shakhtar Donetsk

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2023/2024 sudah dimulai pada hari ini, Selasa (13/6/2023), dengan digelarnya drawing untuk babak premilinary. Namun, sejauh ini sudah ada 26 klub yang sudah memastikan tempat di fase grup kompetisi elite Eropa tersebut.

Rangkaian Liga Champions musim 2023/2024 memang sudah dimulai hari ini dengan drawing untuk fase premilinary, di mana pertandingannya sendiri akan digelar pada 27 Juni 2023. Ini merupakan babak paling awal dari rangkaian kualifikasi Liga Champions.

Sebagai informasi, fase kualifikasi Liga Champions, yang totalnya melibatkan 52 tim, akan terdiri dari lima fase, mulai dari premilinary, kualifikasi babak pertama, babak kedua, babak ketiga, dan play-off.

Setelah itu, dari semua fase kualifikasi itu akan ada enam tim yang lolos ke fase grup Liga Champions yang akan dimulai pada 19 September 2023.

Artinya, hingga saat ini sudah ada 26 tim yang memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions secara otomatis. Siapa saja mereka?

2 dari 3 halaman

Berkat Sevilla, Spanyol Punya 5 Wakil

 

Berdasarkan regulasi yang dimiliki UEFA, ada empat negara yang berhak mengirimkan empat wakilnya langsung ke fase grup Liga Champions, yaitu Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman.

Empat tim yang mewakili Inggris adalah sang juara Premier League sekaligus juara bertahan Liga Champions, Manchester City. Kemudian Arsenal, Manchester United, dan Newcastle United.

Sementara Spanyol ada Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Real Sociedad. Namun, Spanyol punya tambahan satu wakil lagi yaitu Sevilla, yang berhasil menjadi juara Liga Europa pada musim lalu.

Sementara Italia dan Jerman akan diwakili oleh Napoli, Lazio, Inter Milan, AC Milan, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Union Berlin.

Kemudian masing-masing ada dua wakil Prancis dan Portugal. Paris Saint-Germain (PSG) dan Lens akan menjadi wakil Prancis, sementara Portugal diwakilkan oleh langganan Liga Champions, Benfica dan Porto.

Lima slot otomatis ke fase grup Liga Champions masing-masing menjadi milik juara liga Belanda, Austria, Spanyol, Serbia, dan Ukraina. Klub yang menempatinya adalah Feyenoord, Red Bull Salzburg, Celtic, Red Star Belgrade, dan Shakhtar Donetsk.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Klub yang Sudah Lolos Fase Grup Liga Champions

Daftar Klub yang Sudah Lolos Fase Grup Liga Champions

  1. Manchester City (Inggris)
  2. Sevilla (Spanyol)
  3. Arsenal (Inggris)
  4. Manchester United (Inggris)
  5. Newcastle United (Inggris)
  6. Barcelona (Spanyol)
  7. Real Madrid (Spanyol)
  8. Atletico Madrid (Spanyol)
  9. Real Sociedad (Spanyol)
  10. Napoli (Italia)
  11. Lazio (Italia)
  12. Inter Milan (Italia)
  13. AC Milan (Italia)
  14. Bayern Munchen (Jerman)
  15. Borussia Dortmund (Jerman)
  16. RB Leipzig (Jerman)
  17. Union Berlin (Jerman)
  18. Paris Saint-Germain (Prancis)
  19. Lens (Prancis)
  20. Benfica (Portugal)
  21. Porto (Portugal)
  22. Feyenoord (Belanda)
  23. Red Bull Salzburg (Austria)
  24. Celtic (Skotlandia)
  25. Red Star Belgrade (Serbia)
  26. Shakhtar Donetsk (Ukraina)

Video Populer

Foto Populer