Sukses


7 Destinasi Paling Mungkin buat Jose Mourinho Jika Cabut dari AS Roma: Masih Banyak Peminatnya Lho

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho tampaknya akan memasuki tahun ketiganya di tim Serie A Roma di musim mendatang.

Namun sangat masuk akal untuk berspekulasi jika musim depan akan menjadi musim terakhirnya sebagai pelatih di ibu kota Italia.

Juru taktik asal Portugal ini layak disebut salah satu manajer paling berprestasi sepanjang masa di Eropa. Bayangkan Jose Mourinho memenangkan dua gelar Liga Champions, dua gelar Liga Europa, satu gelar Liga Konferensi Eropa.

Jika berjaya di level Eropa, tentu saja Mourinho juga mengumpulkan banyak trofi di level domestik. Pelatih berjuluk The Special One ini telah meraih setiap piala dan trofi liga papan atas Eropa seperti Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol.

Terlepas dari semua kesuksesannya, Jose Mourinho belum pernah sampai tiga musim berturut-turut menangani klub yang sama.

Hal tersebut yang membuat banyak spekulasi muncul bahwa Mourinho mulai berpikir meninggalkan AS Roma.

Ada banyak spekulasi langkah yang akan Jose Mourinho lakukan selanjutnya. Berikut tujuh opsi yang bisa Jose Mourinho ambil jika memang nantinya akan meninggalkan Roma.

 

2 dari 8 halaman

Kembali ke Liga Inggris

Jose Mourinho memiliki sejarah yang kaya di Premier League dan telah meraih tiga trofi kasta teratas Liga Inggris itu.

Ketiga trofi itu, Mou dapatkan ketika membesut Chelsea, tetapi gagal meraih trofi saat melatih Tottenham Hotspur.

Di Manchester United, Mourinho hanya mendapatkan trofi Liga Europa. Meski demikian, sejumlah klub Inggris seperti Everton, Newcastle United, atau bahkan West Ham United yang ambisius dapat meminta bantuan pelatih Portugal ini.

 

3 dari 8 halaman

Kembali ke Spanyol

Spanyol juga menyimpan kenangan indah tentang Jose Mourinho saat membesut Real Madrid tahun 2010 hingga 2013.

Bahkan ahli taktik yang kini berusia 60 tahun itu masih menikmati hubungan dekat dengan Presiden Real Madrid Florentino Perez.

Tetapi, saat ini Real Madrid masih menikmati kesuksesan bersama Carlo Ancelotti. Terlepas dari potensi reuni dengan Real Madrid, finalis Liga Europa itu pasti akan berada di radar tim lainnya di La Liga.

 

4 dari 8 halaman

Klub Lain di Italia

Kiprah Jose Mourinho di Roma masih menunjukkan bahwa dia memiliki skema kepelatihan yang diperlukan untuk sukses di Italia.

Di bawah kendalinya, Roma masuk ke posisi enam besar dan menjadi finalis di Liga Europa musim kemarin.

Sebelumnya, Mourinho juga memenangkan trofi Liga Konferensi bagi Roma di musim 2021/22. Napoli yang kemungkinan akan berpisah dengan Luciano Spalletti atau Juventus yang sedang dalam krisis bisa membuat tawaran baginya.

 

 

 

5 dari 8 halaman

Berpetualang ke Prancis

Kemungkinan opsi menarik lainnya untuk Mourinho adalah berpetualang ke Prancis yang merupakan salah satu dari dua liga utama Eropa yang belum pernah dia jajaki.

Satu-satunya tim yang kemungkinan akan memenuhi gaji dan tuntutan transfernya di Ligue 1 adalah juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG).

Tim Paris memusatkan perhatian pada Liga Champions dan pelatih asal Portugal itu memiliki sejarah yang bagus di kompetisi ini.

Dengan PSG yang tampaknya mengubah manajemen setiap musim dan saat ini penulisan ini, klub masih tanpa manajer, potensi pindah ke Paris dapat terwujud untuk Jose Mourinho segera.

 

 

 

 

6 dari 8 halaman

Mereformasi Sepak Bola Jerman

Kepindahan ke Jerman juga bisa menjadi pilihan bagi mantan bos Chelsea ini. Pelatih asal Portugal itu belum pernah bekerja di Jerman sepanjang karirnya yang panjang dan bisa membawa taktik dan mental juangnya ke Bundesliga jika ada kesempatan.

Meskipun dia belum dikaitkan dengan kepindahan ke Jerman, Jose Mourinho bisa saja pergi ke Bundesliga. Dia bisa menjadi pemikiran yang hilang yang dibutuhkan Borussia Dortmund yang sedang menantikan untuk mengakhiri penantian 11 tahun mereka untuk kesuksesan liga.

 

7 dari 8 halaman

Tidak di Eropa

Kecakapan manajerial yang mampu dua kali memenangkan Liga Champions tentu tidak hanya menjadi daya tarik klub Eropa. Kemapuan Jose Mourinho juga menjadi daya tarik global di luar Eropa.

Meskipun belum ada kabar dia bakal pindah ke luar Eropa, tetapi masih ada kemungkinan Mourinho bisa berpetualang ke benua lain. Misalnya saja ke MLS atau pindah ke Liga Pro Saudi.

 

8 dari 8 halaman

Pelatih Timnas

Sejumlah gelar bergengsi di level klub sudah dimenenangkan Jose Mourinho. Mungkin saja, bos Roma ini bisa meningkatkan tantangannya untuk melatih tim nasional atau timnas.

Namun, nampaknya Mourinho masih enggan untuk melatih timnas. Pasalnya, dia baru saja menolak kesempatan untuk menjadi pelatih timnas Portugal yang merupakan tanah airnya setelah Piala Dunia 2022 lalu.

Sumber: SK

Video Populer

Foto Populer