Sukses


Berani Beda! 5 Pemain Top yang Tolak Tawaran Menggiurkan Pindah ke Arab Saudi: Uang Bukan Segalanya

Bola.com, Jakarta - Klub-klub Liga Arab Saudi sangat serius dan masif mendatangkan pemain-pemain bintang dari liga-liga top Eropa. Bukan hanya sebagai kampanye untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, tetapi juga alasan ekonomi.

Ya, Arab Saudi berusaha mengurangi ketergantungan terhadap industri minyak bumi, serta sedang meningkatkan industri pariwisata demi makin memperkuat sektor perekonomian. Salah satu cara meningkatkan promosi pariwisata adalah mengundang banyak pemain sepak bola top Eropa.

Klub Liga Arab Saudi juga tidak segan-segan membayar mahal para pemain top. Al-Nassr telah melakukannya pada Desember 2022 saat mengeluarkan Rp3,3 trilun untuk memboyong Cristiano Ronaldo.

Al-Ittihad juga tidak mau ketinggalan dengan merekrut Karim Benzema hingga N'golo Kante. Tetapi, ada juga bintang sepak bola yang tidak mau hijrah ke Liga Pro Saudi meski diimingi gaji fantastis.

Berikut lima bintang sepak bola dunia yang menolak bermain di Liga Arab Saudi meski mendapat tawaran yang menggiurkan. Langsung saja simak nama-nama pemain tersebut.

 

2 dari 6 halaman

1. Lionel Messi

Setelah menolak perpanjangan kontrak di Paris Saint-Germain, Lionel Messi justru terbang ke Amerika Serikat. La Pulga bakal menandatangani kontrak bersama klub MLS, Inter Miami, milik David Beckham.

Klub Arab Saudi, Al-Hilal, patah hati karena tawaran menggiurkan mereka gagal terwujud. Padahal klub Saudi itu memberikan kontrak senilai 1 miliar pound s(sekitar Rp19 triliun) yang nilainya jauh di atas Cristiano Ronaldo.

 

3 dari 6 halaman

2. Luka Modric

Superstar Real Madrid dan pemenang Ballon d'Or 2018, Luka Modric, juga pernah mendapatkan tawaran dari klub Arab Saudi, Al Hilal. Klub tersebut juga pernah memberikan proposal penawaran kepada Messi.

Al-Hilal menawarkan Modric dengan nilai kontrak 171 juta pounds (Rp3,2 triliun) untuk bermain di Liga Pro Saudi selama tiga musim. Mantan gelandang Tottenham menolak tawaran Al-Hilal dan malah memutuskan menghabiskan satu musim lagi bersama Los Blancos lantaran keluarganya menetap di Madrid.

 

4 dari 6 halaman

3. Romelu Lukaku

Al-Hilal tidak menyerah merekrut bintang-bintang top pada musim panas 2023. Tidak hanya Messi dan Modric, mereka juga mendekati bintang Chelsea Romelu Lukaku.

Lukaku, yang menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Inter Milan, disodori kontrak senilai 21 juta pounds (Rp401 miliar) per tahun dari klub raksasa Saudi tersebut. Namun, pemain berpaspor Belgia itu lebih memilih pindah permanen ke Inter.

 

5 dari 6 halaman

4. Alvaro Morata

Bintang Atletico Madrid, Alvaro Morata, telah menjalani karier yang cukup nomaden. Al-Taawoun berusaha menggoda Morata dengan tawaran 43 juta pounds (Rp822 miliar) per tahun.

Namun, sang striker tampaknya telah menemukan ketenangan di Atletico dan memilih tetap bertahan di Wanda Metropolitano. Atletico juga segera mengumumkan perpanjangan kontrak Morata.

 

6 dari 6 halaman

5. Olivier Giroud

Menurut pakar transfer Nicolo Schira, bintang AC Milan Olivier Giroud juga tengah didekati sejumlah klub Arab Saudi. Namun Schira tidak menjelaskan klub apa saja yang berminat dengan jasa striker asal Prancis ini.

Meski demikian, Giroud yang pernah menghabiskan enam tahun di Arsenal dan tiga tahun lainnya di Chelsea, menolak tawaran tersebut. Striker berusia 36 tahun dan juga pencetak gol terbanyak Les Bleus itu ingin terus bermain di Eropa.

Sumber: The Sun

Video Populer

Foto Populer