Sukses


4 Fakta Menarik Arda Guler, Rekrutan Terbaru Real Madrid: Titisan Messi yang Harganya Rp387 Miliar

Bola.com, Jakarta - Nama Arda Guler mendadak jadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir. Pemain berusia 18 tahun itu digaet raksasa Spanyol, Real Madrid dari klub Feenrbahce, Turki.

Real Madrid bergerak cepat memboyong Arda Guler setelah bintang mereka, Marcos Asensio cabut. Kontrak Asensio di Madrid sudah habis dan bergabung dengan PSG secara bebas transfer pada musim panas 2023.

Kehilangan Asensio agaknya tak jadi masalah buat Real Madrid. Sebab, tim Liga Spanyol itu sukses merekrut wonderkid berusia 18 tahun asal Turki, Arda Guller, dengan dana mencapai 20 juta pound atau Rp387 miliar.

Ada yang menyebut bahwa Arda Guler sebagai titisan Lionel Messi karena skill yang ia miliki. Pertanyaannya, sebenarnya siapa dan apa kehebatan Arda Guler yang membuat tim sekelas Real Madrid mau menggelontorkan dana sebesar itu untuk menggaetnya?

Yuk simak beberapa fakta menarik dari seorang Arda Guler, pemain muda anyar milik Real Madrid berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jago Giring Bola

Arda Guler lahir pada 25 Februari 2005 di Ankara. Ia punya statistik memukau soal menggiring bola. Poin yang ia miliki mencapai 7,08 per laga dari total 137 aksi.

Arda Guler juga punya operan vertikal (15,6 per pertandingan dan 122 kali. Begitu juga kemenangan duel ofensifnya mencapai 6,04 per game dan 117 secara total.

Arda Guler membukukan enam gol di sepanjang musim lalu untuk Fenerbahce. Banyak pihak menyebut kualitasnya menyerupai Lionel Messi. Sebab ia punya kemampuan dengan kaki kiri dan bermain di sisi kanan.

3 dari 6 halaman

Debut Profesional di Umur 16 Tahun

Arda Guler sudah mencatatkan debut untuk Femerbahce di kompetisi profesional pada 19 agustus 2021. Saat itu usianya menginjak 16 tahun, lima bulan, dan 25 hari.

Debutnya dilakoni saat Fenerbahce melawan HJK Helinski dalam ajang Liga Europa di Stadion Sukru Saracoglu. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-67 dan timnya menang tipis 1-0.

4 dari 6 halaman

Masih Belia Harga Selangit

Menurut database Be Soccer Pro, sang gelandang memiliki nilai pasar 16 juta euro sebelum Real Madrid akhirnya menggaetnya dengan mahar yang kabarnya mencapai 30 juta euro.

Dengan nilai perkiraan tersebut, saat ini ia berada di urutan keempat sebagai pemain muda dengan harga tertinggi dunia, di belakang Gavi (Barcelona), dengan 83,7 juta euro.

Disusul Vitor Roque (Athletico Paranaense) yang hampir menandatangani kontrak dengan klub Barcelona, dengan 37,1 juta euro; dan Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund), dengan 24,8 juta euro.

5 dari 6 halaman

Anggota Timnas Turki

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Arda Güler (@10ardaguler)

Fakta menarik lainnya dari Arda Guler adalah bahwa dia sudah bermain untuk Timnas Turki senior. Sebelumnya ia merupakan anggota Timnas Turki U-17.

Guler mencatatkan enam kali dipanggil Timnas Turki, dan empat di antaranya ia bermain. Yaitu menghadapi Republik Ceska, Kroasia, Latvia, dan Wales.

Sementara debutnya di Timnas Turki senior ketika ia berusia 17 tahun 296 hari, pada 19 November 2022 melawan Republik Ceska. Arda Guler turun pada menit ke-68, menggantikan Dogukan Sinik.

Sumber: eseuro

6 dari 6 halaman

Lihat Posisi Real Madrid di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer