Sukses


Pemain Ajax Amsterdam Selalu Laris Manis di Pasar Transfer: Jarang Ada yang Zonk

Bola.com, Amsterdam - Ajax Amsterdam dikenal sebagai klub besar di Belanda. Bisa dikatakan tim berjulukan De Godenzonen itu menjadi klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Negeri Kincir Angin.

Selain itu, Ajax Amsterdam juga dikenal sebagai klub yang kerap mengorbitkan banyak pemain muda berbakat sejak dahulu. Ada para legenda seperti Patrick Kluivert, Marco Van Basten, Edgar Davids, dan banyak nama legendaris lain yang pernah memperkuat Ajax.

Jari Litmannen, Ruud Gullit, Edwin Van Der Sar, Wesley Sneidjer, Zlatan Ibrahimovic, Klaas-Jan Huntelaar juga pernah menjadi bagian dari Ajax, tetapi di era mereka masing-masing.

Kemampuan mengorbitkan pemain muda berbakat masih terus dilakukan Ajax Amsterdam sampai saat ini. Jurrien Timber menjadi nama terbaru yang berhasil dijual Ajax dengan harga mahal.

Ajax Amsterdam berhasil menjual Jurrien Timber ke Arsenal dengan biaya 40 juta euro. Nilainya setara dengan Rp672 miliar.

2 dari 4 halaman

Rp5 Triliun Lebih

Dalam tiga musim terakhir, Ajax Amsterdam cukup aktif melepas para pemain bintang mereka ke klub lain. Ada banyak bintang-bintang Ajax yang kini sudah berganti seragam.

Sebut saja Antony yang menjadi bagian dari Manchester United. Kemudian ada Jurrien Timber yang sekarang menjadi milik Arsenal.

Ada pula Frenkie De Jong, Mathijs de Ligt dan Donny van de Beek yang kini sudah tak lagi menjadi bagian resmi dari Ajax Amsterdam.

Dalam tiga musim terakhir, Ajax menghasilkan uang mencapai 302 juta euro. Nilainya jika dirupiahkan mencapai lebih dari Rp5 miliar.

3 dari 4 halaman

Antony Paling Mahal

Banyak pemain Ajax Amsterdam yang dijual dengan harga mahal. Namun, winger asal Brasil, Antony masih menjadi penjualan paling mahal dalam sejarah klub tersebut.

Ajax menjual Antony ke Manchester United pada musim panas 2022. Saat itu MU harus mengeluarkan 95 juta euro untuk Antony.

Jika dikonversikan ke nilai terkini rupiah, nilainya mencapai Rp1,5 triliun. Namun, sampai saat ini Antony belum bermain sesuai harapan di MU.

4 dari 4 halaman

Masih Akan Bertambah

Penjualan pemain Ajax Amsterdam masih akan terus berlanjut dalam waktu dekat. Ada beberapa pemain klub tersebut yang dinilai masih muda dan punya potensi besar.

Sebut saja ada bek sayap kiri Owen Wijnal. Paris Saint-Germain disebut sudah memantau pemain 23 tahun itu.

Kemudian ada nama-nama lain seperti Mohammed Kudus, Brian Brobbey dan Fransisco Conceicao.

Video Populer

Foto Populer