Sukses


Ekanit Panya, Sayap Muda Andalan Timnas Thailand Terbang Gabung Klub J1 League

Bola.com, Jakarta - Ekanit Panya menjadi pemain asal Thailand teranyar yang resmi akan menikmati atmosfer kompetisi Meiji Yasuda J1 League di Jepang.

Pemain sayap timnas berjuluk Gajah Perang ini direkrut Urawa Red Diamonds dengan status pinjaman dari klub Liga Thailand, Muangthong United.

Ia dipinjam Setan Merah hingga akhir musim ini, dengan bukan tak mungkin bisa mendapatkan perpanjangan masa pinjaman atau bahkan diboyong permanen ke Saitama di J1 League.

Panya, yang masih berusia 23 tahun, merupakan salah satu bintang muda paling bersinar di Thailand.

Ia tampil di berbagai kompetisi untuk timnas muda Thailand mulai dari U-19, U-21, hingga U-23, termasuk menjadi juara Piala AFF U-19 2017 dan runner-up SEA Games 2021.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Debut Panya di Timnas

Panya menjalani debutnya di timnas Thailand saat masih berusia 19 tahun, tepatnya pada 10 September 2019 saat menang 3-0 lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, bermain 77 menit di pos sayap kiri.

Kini, total ia sudah tampil 17 kali untuk negaranya dengan torehan satu gol saat melawan Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ditambah empat assist. Ia juga membawa negaranya jadi juara Piala AFF 2022 lalu.

Panya muda mengawali kariernya bersama klub lokal kota kelahirannya, Chiangrai United, pada 2015 sampai 2022. Ia membawa klub ini jadi juara Liga Thailand 2019 dan Piala FA Thailand 2021. Panya lalu diboyong Muangthong United sebelum kini dipinjamkan ke Urawa Reds.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Pemain Pertama Thailand di Liga Jepang

Panya bukan pemain Thailand pertama yang menjelajah Liga Jepang. Sebelumnya ada nama-nama seperti Theerathon  Bunmathan, Teerasil Dangda, hingga Chanathip Songkrasin.

Ia sekarang jadi pemain Thailand kedua di J1 League saat ini bersama dengan Supachok Sarachat yang bermain di Hokkaido Consadole Sapporo.

Panya akan jadi pemain asing keenam yang dimiliki Urawa Red Diamonds saat ini selain Alexander Scholz (Denmark), Alex Schalk (Belanda), Bryan Linssen (Belanda), Marius Hoibraten (Norwegia), dan Jose Kante (Guinea).

Ia akan jadi andalan anyar sang juara bertahan Liga Champions Asia arahan pelatih Maciej Skorza (Polandia) untuk bisa meraih gelar J1 League pertama mereka sejak 2006 lalu.

Semoga sukses, Panya!

Sumber: J1 League

Video Populer

Foto Populer