Sukses


Baru Masuki Kualifikasi, Kapan Jadwal Undian Fase Grup Liga Champions 2023 / 2024?

Bola.com, Jakarta - Liga Champions musim 2023/2024 kembali ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola. Manchester City berstatus sebagai juara bertahan setelah menjadi kampiun musim lalu.

Man City tampil sebagai juara Liga Champions 2022/2023 setelah mengalahkan jagoan Italia, Inter Milan 1-0 di final melalui gol Tunggal Rodri di Istanbul, Turki.

Lantas bagaimana dengan musim 2023/2024? Mengingat kompetisi di negara-negara Eropa segera berjalan. Seperti Liga Inggris dan La Liga Spanyol yang dimulai akhir pekan ini.

Sementara Liga Champions 2023/2024 untuk saat ini baru memasuki fase kualifikasi sebelum bersiang di putaran final atau diikuti 32 tim.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Putaran Final

Babak utama atau putaran final Liga Champions musim ini masih akan diikuti oleh 32 tim seperti tahun-tahun sebelumnya.

Klub-klub elit Eropa sudah menunggu di fase ini. Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Inter Milan, AC Milan, Bayern Munchen, sampai juara bertahan Man City sudah ada di sana.

Mereka tinggal menunggu undian untuk bertemu tim dari pot non unggulan sampai tim yang lolos dari babak kualifikasi. Enam tim akan lolos dari babak play-off.

3 dari 6 halaman

Jadwal Undian Fase Grup

Seperti format sebelumnya, hanya dua tim teratas dari setiap grup Liga Champions yang akan melaju ke babak sistem gugur.

Undian babak grup Liga Champions akan berlangsung pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 dengan waktu dan tempat belum dikonfirmasi oleh UEFA.

32 tim dibagi menjadi delapan grup yang masing-masing terdiri dari empat peserta. Selama pengundian, UEFA akan memilih satu tim dari masing-masing empat pot untuk membentuk setiap grup.

4 dari 6 halaman

Baru Fase Kualifikasi

Liga Champions musim ini telah memasuki leg pertama kualifikasi putaran ketiga. Sejumlah tim berhasil meraih kemenangan besar pada fase ini, satu di antaranya adalah PSV Eindhoven.

PSV menjamu Sturm Graz di Philips Stadion, Rabu (9/8/2023) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri, klub yang dijuluki Rood-witten tersebut sukses memetik kemenangan dengan skor 4-1.

Keempat gol PSV Eindhoven disarangkan Isaac Babadi pada menit ke-4, Luuk de Jong menit ke-22 dan 32', serta Ibrahim Sangare menit ke-73. Adapun gol tunggal Sturm Graz dicetak Jon Gorenc Stankovic pada menit ke-40.

Hasil ini pun membuat jalan PSV untuk lolos ke fase play-off Liga Champions terbuka lebar. Pada leg kedua di Liebenauer Stadium, 16 Agustus mendatang, PSV Eindhoven hanya butuh hasil imbang atau minimal kalah dengan selisih dua gol untuk bisa melenggang ke babak selanjutnya.

5 dari 6 halaman

Galatasaray Menang Besar

Pada laga lain, kemenangan besar juga diraih Galatasaray. Bertanding di Stozice Stadium, klub raksasa Turki tersebut sukses menggilas Olimpija Ljubljana tiga gol tanpa balas.

Ketiga gol Galatasaray tercipta atas nama Kerem Aktürkoglu pada menit ke-9, Dries Mertens menit ke-48, dan Halil Dervisoglu menit ke-90+1.

Dengan hasil tersebut, Galatasaray juga berpeluang besar menembus play-off Liga Champions. Kekalahan dengan selisih dua gol pada laga leg kedua di Rams Pakr, Istanbul, 16 Agustus mendatang, sudah cukup membawa Galatsaray lolos ke play-off.

6 dari 6 halaman

Fase Play-off Liga Champions

Nantinya akan ada 12 tim yang tampil pada fase play-off Liga Champions. Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya adalah pemenang kualifikasi putaran ketiga, dan dua sisanya lolos otomatis.

Terdapat enam tiket lolos putaran final Liga Champions musim ini yang bakal diperebutkan. Ke-12 tim tersebut bertanding dalam dua leg, dan enam pemenang berhak lolos ke putaran final. Tim-tim yang kalah bakal otomatis turun ke fase grup Liga Europa.

Pertandingan leg pertama play-off Liga Champions akan berlangsung pada 22 dan 23 Agustus mendatang, sedangkan pertemuan kedua pada 29 serta 30 Agustus 2023.

Sumber: Sporting News

Video Populer

Foto Populer