Sukses


5 Nomor Punggung Aneh dan Antimainstream yang Dipakai Bintang Sepak Bola Dunia: Kocak, Ada yang Cuma Random

Bola.com, Jakarta - Nomor punggung adalah bagian dari identitas seorang pesepak bola. Pemain di belahan dunia mana pun memiliki sejarah panjang dalam mengenakan nomor punggung yang menonjol.

Bahkan bintang-bintang terkenal dari masa lalu dan sekarang telah mengenakan beberapa nomor punggung yang paling aneh. 

Vitor Baia, yang memenangkan Liga Champions 2004 bersama FC Porto, adalah salah satu pesepakbola pertama yang mengenakan nomor 99. Ini adalah nomor tertinggi yang boleh dipakai pemain di bawah aturan saat ini yang ditetapkan oleh FIFA.

Lalu Hicham Zerouali, pemain Maroko yang bermain di Skotlandia, memilih nomor nol di bajunya yang menandakan empat huruf pertama dari nama belakangnya. Nomor Zerouali kemudian dilarang dari sepak bola Inggris dan Skotlandia setelah kematiannya yang tidak menguntungkan pada tahun 2004.

Ivan Zamorano juga membuat pilihan yang agak aneh karena ia memilih nomor punggung 18 dan menambahkan simbol + antara 1 dan 8 setelah kehilangan nomor punggung sembilan di Inter.

Nah, siapa saja pemain bintang yang memilih nomor punggung aneh?

2 dari 6 halaman

Trent-Alexander Arnold

Di antara para pemain yang saat ini aktif di level tertinggi sepak bola, tidak banyak yang memiliki nomor punggung yang asing selain Trent Alexander-Arnold dari Liverpool.

Produk akademi The Reds muncul dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai satu di antara bek kanan terbaik di dunia sepakbola. Sementara banyak pemain akademi umumnya memiliki nomor yang lebih tinggi sebelum beralih ke nomor tim utama konvensional, Alexander-Arnold memilih untuk tetap mengenakan nomor punggung 66.

Belakangan terungkap bahwa tidak ada alasan krusial mengenai nomor tersebut. Itu karena random. Lee Radcliffe, koordinator manajemen perlengkapan Liverpool, yang memberikan kaus tersebut kepada Arnold ketika dia masuk ke tim utama. 

3 dari 6 halaman

Ronaldinho (80)

Ronaldinho telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik setelah kariernya di Barcelona, ​​di mana dia membantu Blaugrana memenangkan gelar LaLiga pertama mereka abad ini dan mengakhiri penantian 14 tahun mereka untuk UCL.

Setelah lima tahun yang luar biasa di Nou Camp, pemenang Ballon d'Or 2005 itu pindah ke AC Milan pada 2008 setelah penunjukan Pep Guardiola di klub tersebut.

Ronaldinho tidak bisa mendapatkan nomor ikoniknya, 10, karena legenda klub yang sudah lama mengabdi, Clarence Seeforf. Pemain Brasil itu kemudian memilih nomor punggung 80, menandakan tahun kelahirannya, 1980.

4 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon (88)

Pesepak bola yang memilih nomor aneh selalu menjadi sumber hiburan, tetapi dalam beberapa kasus seperti Gigi Buffon, itu menjadi kontroversi besar. Datang melalui barisan di Parma, dia sudah memenangkan nomor 12, 28, dan kemudian 1.

Setelah musim 1999/00, legenda Italia itu beralih dari seragam nomor satu Parma ke nomor 88, yang menuai kritik luas. 88 sering dikaitkan dengan Neo-Nazi pada saat itu, menimbulkan banyak kontroversi dan tuduhan terkait sikap politik Buffon. Marah dengan tuduhan ini, Buffon menyerukan konferensi pers untuk mengklarifikasi mengapa dia memilih nomor punggung 88. 

"Saya telah memilih 88 karena itu mengingatkan saya pada empat bola dan di Italia kita semua tahu apa artinya memiliki bola: kekuatan dan determinasi. Dan musim ini saya harus memiliki nyali untuk mendapatkan kembali tempat saya di tim Italia," kata Buffon.

5 dari 6 halaman

Bixente Lizarazu (69)

Bek sayap Prancis, Bixente Lizarazu tidak diragukan lagi adalah salah satu bek terhebat yang pernah bermain untuk Bayern Munchen dan tim nasional Prancis.

Lizarazu pindah ke Jerman dan sebagian besar mengenakan nomor punggung tiga setelah mengenakan nomor punggung 11 di musim pertamanya pada 1997/98.

Selama periode keduanya bersama klub setelah kembali dari Olympique Marseille pada tahun 2005, Lizarazu mengangkat alis ketika dia memilih nomor punggung 69 karena nomor punggung tiganya ditempati oleh legenda Brasil Lucio.

Lizarazu mengungkapkan bahwa alasan pilihannya yang aneh adalah karena dia lahir pada tahun 1969, tingginya 1,69m dan beratnya 69kg. Pemenang Piala Dunia mengenakan nomor punggung ini untuk 46 dari 273 penampilannya untuk Bayern Munich.

6 dari 6 halaman

Robinho (70)

Selepas pindah ke AC Milan dari Man City, nomor pilihannya ditempati oleh legenda klub Clarence Seedorf saat itu, dan Alexander Pato mengenakan nomor tujuh.

Karena kedua nomor ikonik yang ditempati, Robinho agak aneh memilih nomor punggung 70. Itu adalah salah satu di antara sejumlah nomor punggung aneh selain Antonio Cassano 99, Stephan El Shaarawy 92, dan seterusnya.

Setelah dua tahun, 85 pertandingan, dan 25 gol dengan 70 di kausnya, Robinho akhirnya beralih ke nomor tujuh lama Pato setelah ia pindah ke nomor sembilan.

 

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer