Sukses


5 Klub yang Bisa Jadi Pelabuhan bagi David De Gea: Pulang ke Spanyol, Tetap di Inggris, atau ke Arab Saudi?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) sudah mempercayakan gawangnya pada musim ini kepada Andre Onana setelah tidak lagi memperpanjang kontrak David De Gea pada musim panas 2023. Lalu, apa kabar kiper asal Spanyol yang 12 tahun membela The Red Devils itu?

Setelah 12 tahun bersama MU, David De Gea masih punya beberapa tahun tersisa untuk tampil di level tertinggi sepak bola.

Mantan kiper Atletico Madrid itu baru berusia 32 tahun dan mungkin masih punya keinginan untuk bisa membela Timnas Spanyol di Euro 2024.

Jika demikian, tentu David De Gea harus segera memiliki klub baru untuk membuktikan kualitasnya. Namun, menariknya ada sejumlah klub yang tertarik untuk mendapatkan kiper yang pernah dihargai 70 juta pound itu.

Keputusan besar ada di depan sang kiper dan keluarganya, saat ia merencanakan langkah selanjutnya dalam sepak bola.

Berikut lima klub yang bisa dipertimbangkan oleh David De Gea yang punya catatan berada di posisi keempat dalam torehan clean sheet terbanyak dalam sejarah Premier League itu:

2 dari 6 halaman

Real Madrid

Dari semua klub yang mungkin dipilih David De Gea, Real Madrid adalah yang paling terdepan. Los Blancos menikmati musim panas yang produktif dengan mendatangkan sejumlah pemain, seperti Jude Bellingham dan Arda Guler.

David De Gea adalah pemain yang punya sejarah menarik jika dikaitkan dengan Real Madrid, yaitu ketka mesin faks mati dan kepindahannya dari Manchester United ke Real Madrid batal terlaksana.

Kegagalan kembali ke Spanyol pada 2015 itu membuat David De Gea mungkin bisa menghidupkan kembali mimpinya itu pada musim panas ini. Apalagi kiper utama Real Madrid, Thibaut Courtois, sedang mengalami cedera ACL.

Namun, jika pun David De Gea memutuskan untuk bergabung dengan Real Madrid, maka ia harus berebut tempat dengan kompatriotnya yang baru dipinjam dari Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

3 dari 6 halaman

Al Nassr

 

Arab Saudi adalah target baru para pesepak bola top Eropa untuk melanjutkan karier.

Selain Premier League dan La Liga, Arab Saudi memiliki investasi yang benar-benar tidak tertandingi. Hal itu terlihat dari penawaran gaji yang dilepaskan oleh klub-klub Arab Saudi kepada pemain yang menjadi target mereka.

Kelenturan otot ekonomi dari negara Timur Tengah itu telah membuktikan bisnis yang tengah berkembang.

Liga ini awalnya diyakini hanya sebagai arena untuk pesepak bola yang akan pensiun, seperti halnya MLS dan Liga Super China, yang dengan cepat membuat pernyataan niatnya menjadi jelas.

Dari Cristiano ROnaldo, Ruben Neves, dan Karim Benzema, hingga Sergio Busquets dan N'Golo Kante, pemain elite telah berkemas dan pindah ke Arab Saudi, meninggalkan impian mereka di Eropa.

David De Gea bisa menyusul mereka. Mungkin hanya masalah waktu sebelum kiper asal Spanyol itu bergabung dengan mantan rekan setimnya, Cristiano Ronaldo, di Al Nassr, di mana klub Arab Saudi itu tertarik memboyongnya.

4 dari 6 halaman

Sevilla

 

Sevilla telah menjadi klub yang berpengalaman di Eropa, khususnya di Liga Europa. Jadi klub Spanyol selatan itu punya langkah untuk memenangkan kompetisi Eropa.

Rekor tujuh kali menjadi juara Liga Europa adalah prospek yang diinginkan setiap pemain yang ingin menambahkan trofi juara.

David De Gea adalah pemain yang memiliki pengalaman mengangkat trofi bergengsi itu, yang dimenanginya bersama MU meski hanya menyaksikan dari bangku cadangan pada 2017.

Fans Sevilla mungkin akan meragukan kredibilitas David De Gea setelah penampilan buruknya di perempat final Liga Europa pada musim lalu.

Stadion Ramon Sanchez Pizjuan menjadi saksi di mana David De Gea memperlihatkan permainan horor yang tak terlupakan.

Kiper asal Spanyol itu mungkin sangat ingin bisa kembali ke negara asalnya, dan Sevilla memiliki minat sejak lama untuk mendapatkannya.

Namun, keberadaan Yassine Bounou bisa jadi penghalang, terutama karena sang kiper tampil luar biasa bersama Maroko di Piala Dunia 2023 dan menonjol di final Liga Europa 2023, di mana ia menyelamatkan dua penalti dalam drama melawan AS Roma.

5 dari 6 halaman

Real Betis

 

Tetangga lintas kota dari Sevilla, dan rival sengit mereka, Real Betis juga tampil membanggakan sepak bola Eropa pada musim depan dengan jaminan tempat di Liga Europa 2023/2024.

Dengan keberadaan kiper saat ini, Claudio Bravo yang berusia 40 tahun, Real Betis dikabarkan ingin mendatangkan David De Gea, seorang pengganti alami bagi mantan penjaga gawang Real Madrid itu dan sekaligus jadi pesaing utama Rui Silva.

 

6 dari 6 halaman

Chelsea

 

Musim 2022/2023 mungkin menjadi yang terburuk dalam sejarah Chelsea dalam 25 tahun terakhir. Mereka finis di paruh bawah klasemen Premier League, kali pertama sejak 1996, dan jelas bukan awal yang bagus bagi pemilik baru The Blues, Todd Boehly.

Dengan sejumlah kesalahan, baik di dalam maupun luar lapangan, dan banyaknya dana yang hilang karena perekrutan pemain yang gagal, Chelsea kini menjadi klub yang harus dibangun ulang.

Mauricio Pochettino, pelatih baru Chelsea, optimistis membawa hal baru ke Stamford Bridge. Pendekatan pelatih asal Argentina itu diyakini bisa mengembalikan The Blues ke tempat yang sharusnya.

Pochettino sejauh ini sudah membawa sejumlah pemain baru di area lini serang, seperti Christopher Nkunku dari RB Leipzig.

Namun, dengan kepergian Edouard Mendy dari bawah mistar gawang The Blues, dan kepergian Kepa Arrizabalaga yang dipinjam oleh Real Madrid, Chelsea jelas butuh kiper berkualitas yang baru.

Pemberitaan belum lama ini sempat menyebut The Blues tertarik untuk merekrut David De Gea. Kini tinggal menunggu apakah minat The Blues itu serius setelah kehilangan dua kiper mereka.

Sumber: Give Me Sports

Video Populer

Foto Populer