Sukses


Roberto Mancini Ditunjuk Jadi Pelatih Baru Timnas Arab Saudi, Kontraknya sampai 2027

Bola.com, Jakarta - Roberto Mancini ditunjuk sebagai manajer baru Timnas Arab Saudi, Senin (28/8/2023). Jabatan baru diembannya setelah ia mengundurkan diri dari pelatih Timnas Italia dua pekan lalu.

Roberto Mancini menandatangani kontrak selama empat tahun ke depan sebagai pelatih Arab Saudi. Dengan bekal pengalaman sebagai salah satu pelatih tersukses Italia, ia diharapkan membawa perubahan besar bagi Arab Saudi.

Melansir BBC, Pertandingan pertamanya sebagai pelatih Arab Saudi akan diadakan pada 8 September 2023 melawan Kosta Rika di Stadion St.James Park, Newcastle.

“Saya yakin ini adalah kesempatan besar bagi saya, untuk merasakan sepak bola di negara baru, apalagi dengan semakin populernya sepak bola di Asia,” kata Roberto Mancini.

2 dari 4 halaman

Juara Bersama Gli Azzurri

Pria berusia 58 tahun itu membawa Italia meraih gelar juara di Euro 2020, setelah mengalahkan Inggris melalui adu penalti di final di Stadion Wembley.

Kemudian Gli Azzurri mencatatkan rekor dunia 37 pertandingan tak terkalahkan tetapi gagal lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Adapun Mancini punya pengalaman memimpin Manchester City meraih gelar Liga Inggris, pertama mereka pada tahun 2012 dan juga pernah melatih Fiorentina, Lazio, Inter Milan, Galatasaray dan Zenit St Petersburg.

3 dari 4 halaman

Era Baru

Sementara kedatangan Mancini ikut melengkapi era baru sepak bola di Arab Saudi. Kehadiran pemain top di Saudi Pro League yang diawali oleh Cristiano Ronaldo, mengindikasikan potensi pertumbuhan di kancah sepak bola mereka.

Pada Piala Dunia tahun lalu di bawah asuhan mantan pelatih kepala Herve Renard, Arab Saudi mengejutkan juara bertahan Argentina dengan kemenangan 2-1 di Qatar namun gagal lolos dari babak grup.

4 dari 4 halaman

Bayaran Mancini

Menurut La Gazzetta dello Sport, Roberto Mancini akan dibayar 30 juta euro atau setara Rp496,5 miliar per tahun sebagai manajer Timnas Arab Saudi. 

Media ternama Italia itu juga mengklaim pengumuman resmi dari pihak Arab Saudi akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Arab Saudi menaruh harapan tinggi terhadap pelatih berkebangsaan Italia itu. Ia diharapkan bisa mendongkrak penampilan mereka. 

Sumber: BBC,  La Gazzetta dello Sport

Video Populer

Foto Populer