Sukses


Pilih Fokus dengan Liverpool dan Menolak Panggilan Negara, Ryan Gravenberch Bikin Jengkel Pelatih Timnas Belanda

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman mengecam pemain baru Liverpool, Ryan Gravenberch, karena meninggalkan tugas internasional.

Ryan Gravenberch baru saja bergabung dengan Liverpool pada deadline bursa transfer musim panas 2023. Ia ditebus The Reds dari Ajax Amsterdam seharga 35 juta pounds dengan durasi kontrak lima tahun.

Namun Ronald Koeman dibuat jengkel oleh sang pemain, karena menolak pemanggilan ke Timnas Belanda. Kondisi ini memicu kemarahan sang pelatih kepala.

Ronald Koeman mengecam Ryan Gravenberch, menegaskan bahwa dia tidak senang dengan pemain baru Liverpool yang menolak bermain untuk tim Belanda U-21.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Ronald Koeman

Ryan Gravenberch dipanggil tim junior Belanda untuk jeda internasional. Namun sang gelandang malah memutuskan untuk menarik diri dari persaingan, dan fokus beradaptasi di Liverpool.

Ronald Koeman dan manajer Belanda U-21 Michael Reiziger terang-terangan kecewa dengan sikap Gravenberch. Koeman menyoroti kasus serupa yang dilakukan Jeremie Frimpong yang sebelumnya menolak bermain untuk U-21.

“Kami tidak senang dengan Ryan Gravenberch yang menolak bermain untuk negaranya. Kami tidak suka jika pemain menolak bermain untuk tim U-21,” kata Koeman menjelang pertandingan melawan Yunani dan Irlandia di Kualifikasi Euro 2024.

“Nigel de Jong selaku direktur teknik KNVB juga sudah berbicara dengan Jeremie Frimpong mengenai hal ini. Dia masih ingin bermain untuk kami, tapi kami memutuskan dia tidak akan dipanggil. Anda bisa melihatnya sebagai hukuman. Saya yakin Anda wajib bermain untuk negaramu."

3 dari 4 halaman

Kemarahan Reiziger

Michael Reiziger juga marah pada Gravenberch, karena timnya akan memainkan kualifikasi Euro U-21 melawan Moldova dan Makedonia Utara pada minggu depan. Dia mengisyaratkan bahwa Gravenberch mungkin akan kehilangan kesempatan tampil di masa mendatang.

"Saya berharap Ryan Gravenberch belajar dari ini. Bukan berarti dia dipanggil begitu saja. Dia perlu belajar dari ini. Bermain untuk negara Anda adalah suatu kehormatan, Anda ingin menjadi bagian dari itu," kata Reiziger.

4 dari 4 halaman

Soal Bela Negara

"Ditambah ketenaran yang dapat Anda raih dengan itu. Anda berjuang untuk negara Anda, seluruh bangsa mendukung Anda. Di klub Anda, Anda hanya memiliki satu bagian kota yang mendukung Anda. Saya tidak suka pilihan Gravenberch,” lanjut Rieziger.

"Saya sudah mengatakan ini kepadanya. Jika Anda bisa bergabung dengan Tim Nasional, lakukan ini dengan hati Anda. Dan Anda tidak mulai memikirkan diri sendiri. Tapi saya ingin pemain yang ingin bermain dengan hati untuk negara kita."

Sumber: Mirror

Video Populer

Foto Populer