Sukses


Liga Italia: Andai MU Tidak Ambil Opsi Pembelian pada Akhir Musim, Fiorentina Sudah Pasti Perpanjang Kontrak Sofyan Amrabat

Bola.com, Jakarta - Fiorentina meminjamkan gelandang asal Maroko, Sofyan Amrabat, ke Manchester United (MU) pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023. Namun, sukses atau tidak sang pemain bersama The Red Devils, Fiorentina sudah mengambil langkah taktis sejak dini.

Sofyan Amrabat menjadi rekrutaan terakhir MU pada bursa transfer musim panas 2023. Ia direkrut dari Fiorentina dengan status pemain pinjaman dan MU harus membayar 10 juta euro untuk memuluskan proses peminjaman tersebut.

MU punya opsi untuk membeli Sofyan Amrabat dengan nominal yang sudah ditentukan dalam kontrak peminjaman, yaitu 20 juta euro plus 5 juta euro add-on.

Ini menjadi kali pertama Sofyan Amrabat bermain di Inggris. Sebelumnya ia pernah bermain di beberapa liga top Eropa, seperti Eredivisie dan Serie A.

Pesona Amrabat memang mulai dikenal dunia sepak bola berkat performanya di ajang Piala Dunia 2022 lalu. Bersama Maroko, Amrabat jadi salah satu pemain terpenting di lapangan.

Menariknya, Sofyan Amrabat punya banyak keuntungan dari proses peminjaman ke MU, baik nantinya sukses atau pun gagal dan harus kembali ke Fiorentina.

2 dari 4 halaman

Ingin Main di Liga Champions

Sejak bursa transfer musim panas 2023 dibuka, Sofyan Amrabat memang sangat santer dikaitkan dengan MU. Gelandang asal Maroko itu menjadi incaran Setan Merah.

Baru pada Sabtu (2/9/2023) dini hari WIB, MU mengumumkan perekrutan Amrabat. Gelandang timnas Maroko itu akan memperkuat Setan Merah dengan status pinjaman selama satu musim.

"Saya bermain di Liga Champions bersama Feyenoord dan Club Brugge. Namun, empat tahun terakhir saya tidak bermain di Liga Champions dan saya sangat rindu bermain di kompetisi ini. Jadi saya gembira bisa kembali bermain di kompetisi besar ini," kata Amrabat.

3 dari 4 halaman

Fiorentina Sudah Siapkan Rencana Penyelamatan Lewat Klausul

MU memang hanya meminjam Sofyan Amrabat selama satu musim. Artinya, musim 2023/2024 ini mungkin bakal jadi kesempatan Amrabat membuktikan diri jika dia ingin bertahan di Old Trafford.

Nah, menurut Daily Mirror, Fiorentina telah mencantumkan klausul khusus dalam kontrak peminjaman Amrabat. Klausul yang dimaksud bahwa kontrak Amrabat akan otomatis diperpanjang satu tahun oleh Fiorentina jika MU memutuskan untuk tidak membeli secara permanen pada akhir masa pinjaman.

Dua klub memang sudah menyepakati opsi pembelian permanen dalam kontrak peminjaman kali ini. Namun, sifat kesepakatan itu adalah opsi, bukan wajib.

Artinya, Amrabat harus benar-benar membuktikan kualitasnya jika dia ingin bertahan di MU untuk lebih dari satu tahun masa pinjam yang sekarang.

Sumber: Daily Mirror

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 12/9/2023)

4 dari 4 halaman

Persaingan di Serie A Liga Italia

Video Populer

Foto Populer