Sukses


Big 5 Klub Liga Arab Saudi: Siapa yang Bakal Angkat Trofi? Ronaldo, Neymar, atau Benzema?

Bola.com, Jakarta Liga Arab Saudi menjadi pusat perhatian baru di peta sepak bola dunia

Setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo pada awal tahun ini, Saudi Pro League ketagihan merekrut bintang dunia lainnya. Tim-tim Liga Arab Saudi tidak mau kalah dengan Al Nassr yang memboyong Cristiano Ronaldo. Al Ittihad misalnya, yang membawa Karim Benzema dari Real Madrid.

Juara bertahan Saudi Pro League itu juga membajak N'Golo Kante dari Chelsea. Tawaran gaji segepok membuat pemain-pemain papan atas tidak kuasa menolak tawaran dari klub Arab Saudi.

Sebagai kesebelasan promosi di Saudi Pro League, Al Ahli gercep alias gerak cepat mengamankan Riyad Mahrez dari Manchester City, Edouard Mendy dari Chelsea, dan Roberto Firmino dari Liverpool.

Terbaru, Al Ahli juga memboyong Neymar dari PSG.

Berikut ini big 5 klub Liga Arab Saudi dan kans mereka menjadi juara.

2 dari 6 halaman

Al Hilal

Al Hilal memiliki pemain yang kemungkinan akan mencuri berita utama. Al Hilal menawar Kylian Mbappe dan gagal, mereka beralih ke rekan setimnya di PSG, Neymar.

Bukan alternatif yang buruk karena Neymar datang dengan trofi, gol, penghargaan, dan banyak lagi setelah bermain bersama Barcelona dan PSG di Eropa. Namun, bukan hanya Neymar yang membuat Al Hilal menjadi salah satu favorit juara Liga Saudi.

Sergej Milinkovic-Savic, Ruben Neves, Malcom, Aleksandar Mitrovic, Kalidou Koulibaly, dan Yassine Bounou semuanya akan tampil di bawah manajer Jorge Jesus di Al Hilal musim ini.

Jesus telah berada di klub sejak tahun 1990 dan bergabung kembali musim panas ini setelah sempat bertugas antara tahun 2018 dan 2019. Dia telah memenangkan gelar liga di Portugal dan Brasil, dan berharap dia bisa menjadikan tiga negara taklukkan karena dia bertujuan untuk memenangkan gelar bersama Al Hilal.

3 dari 6 halaman

Al Ittihad

Ada Nuno Espirito Santo sebagai manajer dan Karim Benzema di lini depan, sulit untuk membantah Al Ittihad memenangkan gelar kedua berturut-turut musim ini.

Benzema baru saja menjalani dua musim yang luar biasa bersama Real Madrid. Pada musim 2021-22, ia mencetak 44 gol dan memberikan 15 assist, dan pada musim 2022-23 ia mencetak 31 gol dan memberikan enam assist.

Pemain Prancis itu berperan penting saat Real Madrid memenangkan Liga Champions dan La Liga pada tahun 2022, saat ia meraih penghargaan individu, termasuk penghargaan besar, Ballon d’Or.

Al Ittihad telah menambahkan sesama pemenang Liga Champions N'Golo Kante dan Fabinho untuk menopang lini tengah mereka. Bek tengah Luiz Felipe juga direkrut, bergabung dengan Igor Coronado, Romarinho, dan Ahmed Hegazi.

4 dari 6 halaman

Al Ahli

Al Ahli berada di bawah kepeminpinan Matthias Jaissle yang merupakan manajer Red Bull Salzburg sebelum bergabung dengan tim Liga Saudi. Dia memenangkan liga dalam dua musim sebelumnya.

Dari segi pemain, Al Ahli tidak kekurangan nama-nama besar. Tiga pemenang Liga Champions direkrut, yakni Edouard Mendy, Riyad Mahrez, dan Roberto Firmino.

Ada mantan pemain Newcastle United Allan Saint-Maximin bergabung dengan Franck Kessie, Ryad Boudebouz, Roger Ibanez, Merih Demiral, Modou Barrow dan Ezgjian Alioski sebagai pemain asing. Gelandang Spanyol berusia 21 tahun yang berperingkat tinggi, Gabri Veiga, juga bergabung dengan klub bulan lalu.

Dengan kualitas nyata dan manajer muda yang ambisius, Al Ahli akan memiliki cita-cita nyata untuk menantang gelar Liga Pro Saudi. 

5 dari 6 halaman

Al Nassr

Kisah besar Al Nassr tentu saja adalah nomor tujuh mereka, Cristiano Ronaldo. Di usianya yang sudah 38 tahun, pemenang Ballon d'Or lima kali itu masih menjadi andalan Al Nassr, mencetak 20 gol dalam 20 pertandingan liga sejauh ini.

Meskipun Ronaldo kemungkinan besar akan mencuri perhatian utama, Al Nassr telah menambahkan lebih banyak kekuatan. Aymeric Laporte, Sadio Mane, Marcelo Brozovic, Seko Fofana, Otavio, Talisca, Alex Telles, David Ospina adalah nama-nama besar lainnya di Al Nassr.

6 dari 6 halaman

Al-Ettifaq

Dikelola oleh mantan manajer Rangers dan Aston Villa, Steven Gerrard, Al-Ettifaq adalah salah satu tim yang diprediksi akan menjadi penantang gelar.

Penandatanganan paling terkenal mereka musim panas ini adalah mantan kapten Liverpool, Jordan Henderson. Ada beberapa pemain asing lainnya antara lain Moussa Dembele, Robin Quaison, Jack Hendry, Vitinho, Berat Ozdemir, Paulo Victor, dan Marcel Tisserand.

Meskipun kurangnya nama-nama terkenal, ada banyak kualitas dalam jajaran Al-Ettifaq. Sang manajer yang sudah terbukti dan kapten yang sukses bisa menjadikan mereka tim yang harus diperhatikan musim ini.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer