Sukses


Iran Protes ke AFC Buntut Kartu Merah Hantu Pemain Uzbekistan, Malaysia Terancam Gagal Lolos ke Piala Asia U-23 2024?

Bola.com, Tashkent - Kantor berita Iran, Fars News Agency, mengabarkan bahwa Timnas Iran U-23 telah melakukan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) buntut kartu merah hantu pemain Timnas Uzbekistan U-23, Abdukodir Khusanov.

Iran U-23 keok 0-1 dari Uzbekistan U-23 dalam partai terakhir Grup E Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di JAR Stadium, Tashkent, pada Selasa (12/9/2023) malam WIB.

Hasil itu membuat Iran U-23 gagal lolos ke Piala Asia U-23 2024. Armada Reza Enayati memang menjadi runner-up Grup E, tapi tidak masuk empat peringkat kedua terbaik.

Iran kalah bersaing dengan Timnas Kuwait U-23, Timnas Tajikistan U-23, Timnas China U-23, dan Timnas Malaysia U-23 dalam pemeringkatan runner-up terbaik untuk masuk ke Piala Asia U-23 2024.

2 dari 6 halaman

Kalah Poin Disiplin

Poin, selisih gol, dan produkvitias gol Timnas Iran U-23 sebenarnya sama dengan Malaysia U-23. Keduanya mencatatkan tiga angka, 4-1, dan tiga plus.

Namun, Iran U-23 membukukan poin disiplin -7 yang lebih buruk dari Malaysia -4. Poin disiplin dihitung berdasarkan perolehan kartu. Kartu kuning -1, kartu merah akibat kartu kunig -3, kartu merah -3, dan kartu kuning diikuti kartu merah langsung -4.

Keganjilan terjadi ketika wasit asal Suriah, Hanna Hattab, tidak mengusir keluar Abdukodir Khusanov. Padahal, bek berusia 19 tahun itu telah menerima kartu kuning kedua ketika menjatuhkan gelandang Iran U-23, Hosseinnezhad Mahalehkolaei, pada menit ke-90.

3 dari 6 halaman

Pemain Iran juga Tidak Bereaksi Berlebihan

Anehnya, Hanna Hattab tidak mengeluarkan kartu merah kepada Abdukodir Khusanov. Pemain Iran U-23 pun juga tidak bereaksi berlebihan atau melihat kejanggalan dalam situasi itu.

Sebelumnya, Abdukodir Khusanov sudah lebih dulu diganjar kartu kuning pertama oleh Hanna Hattab ketika mendorong penyerang Iran U-23, Allahyar Sayyadmanesh, hingga menabrak papan iklan pada menit ke-40.

"Uzbekistan U-23 tidak melakukan pelanggaran. Yang melakukan pelanggaran adalah ofisial pertandingan. Sehingga wasit pasti akan didiskuslifikasi," tulis Fars News Agency dalam situsnya.

4 dari 6 halaman

Kartu Kuning Tidak Tercatat

"Masih harus dilihat apakah AFC akan memberikan pengaruh atas keluhan tersebut. Tim Iran setelah kejadian ini, dan hasil pertandingan akan berubah atau tidak," ulas Fars News Agency.

Dalam match report di situs AFC, ternyata kartu kuning dari Hanna Hattab untuk Abdukodir Khusanov pada menit ke-40 tidak tercatat.

Hanna Hattab justru memberikan kartu kuning kepada dua pemain Uzbekistan U-23 lainnya, Muhammadkodir Hamraliev dan Ulug'bek Khoshimov, buntut insiden itu.

5 dari 6 halaman

Malaysia Selamat

Jika partai kontra Uzbekistan diulang dan Iran U-23 bisa meraih minimal hasil seri, maka Allahyar Sayyadmanesh dkk. yang akan lolos sebagai runner-up terbaik dan menggeser Malaysia U-23.

Namun, kabar terbaru dari Fars News Agency mengungkapkan bahwa Iran U-23 sudah pasti gagal lolos ke Piala Asia U-23 2023 sehingga nasib Malaysia U-23 terselamatkan.

Sumber: Fars News Agency

6 dari 6 halaman

Daftar Lengkap Peserta Piala Asia U-23 2024

1. Qatar

2. Yordania

3. Korea Selatan

4. Vietnam

5. Jepang

6. Uzbekistan

7. Irak

8. Uni Emirat Arab

9. Thailand

10. Australia

11. Arab Saudi

12. Timnas Indonesia U-23

13. Kuwait

14. Tajikistan

15. China

16. Malaysia

Video Populer

Foto Populer