Sukses


VIDEO: 4 Pemain Sepak Bola yang Pernah Tersandung Tes Doping, Paul Pogba Bukan yang Pertama

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari gelandang Juventus Paul Pogba. Dia dilaporkan gagal lolos dalam tes doping standar yang dilakukan di pentas Serie A.

Pogba dilaporkan positif menggunakan testosteron dalam hasil tes doping terbaru. Pemeriksaan tersebut dilakukan setelah pertandingan Juventus menang 3-0 atas Udinese di Dacia Arena, 20 Agustus lalu.

Pogba ada dalam skuad Juventus kala itu. Hanya saja gelandang asal Prancis tersebut cuma duduk di bangku cadangan di sepanjang pertandingan. 

Meskipun demikian, pemain berusia 30 tahun itu tetap wajib melakukan tes doping. Hasilnya mantan pemain Manchester United tersebut terbukti positif testosteron.

Pihak Serie A akan melakukan tes pada sampel kedua. Jika hasilnya kembali positif menggunakan doping, maka Pogba berisiko mendapat hukuman maksimal empat tahun.

Kasus yang menimpa Pogba itu menambah panjang daftar pemain yang tersandung masalah doping. Sebelumnya sudah ada beberapa nama top yang kedapatan menggunakan zat terlarang.

Salah satu pemain yang pernah tersangkut ialah Pep Guardiola. Pep Guardiola dinyatakan positif menggunakan steroid nandrolone saat berseragam Brescia pada musim 2001/2002. Tepatnya pada 4 November 2001 usai kalah 0-5 dari Lazio di Liga Italia.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, zat terlarang itu bukan sengaja digunakan Guardiola. Namun, zat itu masuk melalui suplemen yang dikonsumsi Guardiola.

Meski demikian, Guardiola tetap menjalani hukuman larangan bermain selama empat bulan.

Namun, selain Paul Pogba dan Pep Guardiola masih ada pemain lainnya yang kedapatan menggunakan zat terlarang. Berikut empat pemain yang harus terlibat masalah doping.

(Video diedit oleh Salsa Dwi Novita, mahasiswa magang dari Politeknik Negeri Jakarta).

Video Populer

Foto Populer