Sukses


Julian Nagelsmann Datang, Ilkay Gundogan Tetap Jadi Kapten Timnas Jerman

Bola.com, Frankfurt - Pelatih baru Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, mengaku tetap akan memberikan kepercayaan pada Ilkay Gundogan sebagai kapten. Menurut Nagelsmann, Gundogan masih menjadi sosok yang tepat menggunakan ban kapten Der Panzer.

"Saya tidak akan melakukan perubahan. Saya sepenuhnya mendukung Ilkay Gundogan, baik sebagai pemain maupun sebagai pribadi," kata Julian Nagelsmann.

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) resmi menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih anyar Timnas Jerman pada Jumat (22/9/2023). Nagelsmann menjadi pengganti Hansi Flick yang dipecat pada awal September lalu.

Julian Nagelsmann tak mendapatkan kontrak jangka panjang di Timnas Jerman. Pelatih berusia 36 tahun itu hanya dikontrak sampai 31 Juli 2024.

2 dari 5 halaman

Sosok Tepat

Julian Nagelsmann mengaku sudah berbicara secara langsung dengan Ilkay Gundogan. Menurut Nagelsmann, Gundogan merupakan pemain yang layak memimpin Timnas Jerman di lapangan.

"Saya telah berbicara dengan Ilkay dan memberitahunya, dia adalah kapten kami dan dia akan tetap memegang perannya," tegas Nagelsmann.

Ilkay Gundogan ditunjuk menjadi kapten Timnas Jerman pada September 2023. Sejauh ini, Gundogan sudah mengemas 69 pertandingan dan mencetak 17 gol.

3 dari 5 halaman

Menantikan Tantangan

Julian Nagelsmann menyambut antusias penunjukkannya sebagai pelatih Timnas Jerman yang baru. Julian Nagelsmann merasa tertantang dan siap membantu Timnas Jerman meraih prestasi pada Piala Eropa 2024.

"Kami menjadi tuan rumah Piala Eropa. Ini adalah sesuatu yang istimewa dan hanya terjadi setiap seratus tahun sekali," jelas Nagelsmann.

"Memiliki turnamen yang kuat di rumah sendiri adalah prioritas. Saya sangat menantikan tantangan ini. Pertandingan di Dortmund hanyalah permulaan. Kami akan menjadi sebuah unit yang kompak selama satu tahun ke depan," tegas Nagelsmann.

4 dari 5 halaman

Cetak Sejarah

Penunjukkan Julian Nagelsmann mencetak sejarah baru di Timnas Jerman. Julian Nagelsmann merupakan pelatih Timnas Jerman termuda kedua setelah Otto Nerz yang ditunjuk sebagai pelatih pada usia 34 tahun di 1926.

Julian Nagelsmann juga sebelumnya sudah pernah menorehkan tiga rekor pada kariernya sebagai pelatih. Julian Nagelsmann pernah didapuk sebagai pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga ketika menukangi TSG Hoffenheim.

Selain itu, Nagelsmann juga menjadi pelatih termuda dalam sejarah Liga Champions. Pencapaian itu diraih Nagelsmann juga bersama TSG Hoffenheim pada usia 31 tahun 58 hari.

Pada 2017, Nagelsmann juga mendapatkan penghargaan sebagai Pelatih Jerman Terbaik. Penghargaan yang juga diterima Nagelsmann bersama 1899 Hoffenheim.

5 dari 5 halaman

Harapan Besar

Presiden DFB, Bernd Neuendorf, menaruh harapan besar pada Julian Nagelsmann yang ditunjuk sebagai pelatih Timnas Jerman. Neuendorf berharap, Nagelsmann bisa membangkitkan semangat pemain hingga suporter pada Piala Eropa 2024.

"Piala Eropa tahun depan sangat penting bagi sepak bola di Jerman. Kami yakin dengan Julian Nagelsmann sebagai pelatih kepala, tim nasional akan mampu membangkitkan semangat para penggemar dan memainkan turnamen yang sukses," ucap Bernd Neuendorf.

"Julian Nagelsmann adalah pelatih yang luar biasa, yang sangat termotivasi untuk tantangan baru ini. Kami sekarang akan mengalihkan fokus kami ke turnamen musim panas mendatang dan memberikan dukungan penuh kepada Julian Nagelsmann," tegas Bernd Neuendorf.

Video Populer

Foto Populer