Sukses


Mertua Sebut Pratama Arhan Tidak Balik ke Indonesia dan Tetap Berkarier di Luar Negeri, Jadi Pindah ke Korea Selatan?

Bola.com, Jakarta - Ayah mertua Pratama Arhan, Andre Rosiade, memastikan bahwa menantunya tidak bakal kembali ke Indonesia dan tetap akan berkarier di luar negeri.

Andre adalah orang tua laki-laki dari Azizah Salsha, perempuan yang baru dinikahi Pratama Arhan di Tokyo, Jepang, pada 20 Agustus 2023. Dia juga berstatus anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Arhan dikabarkan segera meninggalkan klub Jepang, Tokyo Verdy, untuk bergabung dengan tim Korea Selatan, Suwon FC.

"Itu urusah Arhan dan manajemen timnya. Tunggu saja. Nanti kalau ada kepastian, tentu akan diumumkan secara resmi," ujar Andre.

"Pratama Arhan tidak berencana balik ke Indonesia. Insyaallah tetap berkarier di luar negeri," imbuh Andre.

2 dari 4 halaman

Cuma Main 3 Kali

Sejak bergabung dengan Tokyo Verdy pada 2022, Pratama Arhan sangat jarang dimainkan. Selama setahun setengah, bek berusia 21 tahun itu hanya diturunkan empat kali dengan jumlah 256 menit.

Sebelumnya, media Korea Selatan, Chosun, mengabarkan bahwa Arhan bakal hijrah ke Suwon FC, yang berstatus peserta K League 2023 atau kasta teratas Liga Korea Selatan, pada bursa transfer musim dingin 2024.

"Bukan hanya keluarga, tetapi insan sepak bola Indonesia tentu ingin Arhan tetap bermain di luar negeri," ucap Andre.

3 dari 4 halaman

Capai Kesepakatan

Sementara itu, Chosun mendapatkan informasi terkait rencana kepindahan Arhan ke Suwon FC dari seorang pejabat "yang mengetahui bursa transfer Liga Korea Selatan".

"Suwon FC hampir merekrut pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Kesepekatan telah dicapai dengan Arhan," ujar sumber tersebut.

"Arhan berstatus bebas transfer. Detailnya rencananya akan diumumkan dan segera diselesaikan," imbuh pejabat tersebut.

4 dari 4 halaman

Kepincut dengan Pratama Arhan

Chosun mendeskripsikan bahwa manajer Suwon FC, Choi Soon-ho, yang baru menjabat pada awal musim ini, kepincut dengan pasar Asia Tenggara (ASEAN) demi meningkatkan nilai klub.

"Perhatian khusus diberikan kepada Indonesia. Suwon FC yang sedang membutuhkan pemain asal Indonesia untuk aktif maju, sehingga mencari pemain berkualitas. Jadi, Arhan masuk dalam daftar calon," tulis Chosun.

"Arhan adalah satu di antara bintang terbesar Indonesia. Suwon FC aktif memberikan kesempatan kepada Arhan dan berniat merekrutnya," jelas Chosun.

Video Populer

Foto Populer