Sukses


Kualifikasi Euro 2024: Ronaldo Bersinar, Jangan Lupa Lukaku Juga Cetak Rekor Lewati Torehan Gol Pele

Bola.com, Wina - Belgia lolos ke Euro 2024 musim panas mendatang di Jerman berkat kemenangan ketat di Austria, Sabtu (14/10/2023).

Belgia memimpin pada menit ke-12 ketika Timothy Castagne memberi umpan kepada Dodi Lukebakio.

Dia mencetak gol keduanya pada menit ke-55, dan Romelu Lukalu mencetak gol ketiga segera setelahnya untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Austria membalas dengan gol dari Konrad Laimer dan penalti Marcel Sabitzer dan Belgia bertahan meski Amadou Onana dikeluarkan dari lapangan pada akhir pertandingan.

Gelandang Everton itu mendapat kartu kuning keduanya pada menit ke-78, namun negaranya mempertahankan keunggulannya dengan 10 pemain.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Lolos ke Jerman

Kemenangan tersebut membuat Belgia memuncaki Grup F dengan 16 poin dengan lima kemenangan dan satu kali imbang dari enam pertandingan dan unggul tiga poin dari Austria, sedangkan peringkat ketiga Swedia hanya mengoleksi enam poin dari lima pertandingan.

Ini berarti Belgia, yang kalah dari Italia yang akhirnya menjadi juara di perempat final Euro 2020 dan dikalahkan oleh Wales di fase yang sama di Euro 2016, akan bergabung dengan tuan rumah Jerman, yang otomatis lolos ke turnamen musim panas mendatang.

Austria akan bergabung dengan Belgia di Euro 2024 jika mereka menang di Azerbaijan. Di tempat lain pada hari Jumat, Prancis dan Portugal juga memesan tempat mereka di Euro 2024.

3 dari 3 halaman

Rekor Lukaku

 

Romelu Lukaku (78) kini mencetak lebih banyak gol internasional dibandingkan Pele (77).

Hanya sepuluh pemain yang pernah mencetak lebih banyak gol untuk negaranya.

Padamatchday sebelumnya, Lukaku mencetak dua gol ke gawang Estonia dan menyamai pencapaian sang legenda.

 

Sumber: Squawka, BBC

Video Populer

Foto Populer