Sukses


Daftar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Timnas Inggris: Sir Bobby Charlton Masuk 5 Besar

Bola.com, Jakarta - Sir Bobby Charlton merupakan satu di antara legenda Timnas Inggris. Selain mempersembahkan trofi juara Piala Dunia 1966, Bobby Charlton juga masuk daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Tim Tiga Singa.

Pria bernama asli Robert Charlton tersebut mulai mendapat kesempatan membela Timnas Inggris pada 1958. Dia pun menjalani debutnya ketika Inggris bersua Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, 19 April 1958.

Laga perdana Sir Bobby Charlton bersama The Three Lions berakhir manis. Charlton berhasil menyumbangkan satu gol dan membawa Timnas Inggris meraih kemenangan 4-0.

Sejak saat itu, Sir Bobby Charlton terus menjadi andalan Inggris dalam membobol gawang lawan. Berkat kontribusinya tersebut, Timnas Inggris berhasil meraih trofi Piala Dunia 1966.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tutup Usia

Namun, Timnas Inggris, Manchester United, dan pencinta sepak bola diseluruh dunia berduka. Sir Bobby Charlton telah pergi untuk selamanya pada Sabtu (21/10/2023) malam WIB.

Bobby Charlton meninggal dunia pada usia 86 tahun. Dia dipuji sebagai pemain terhebat Inggris dan legenda yang tak terbantahkan seiring dengan mengalirnya penghormatan.

"Manchester United berduka atas meninggalnya Sir Bobby Charlton, salah satu pemain terhebat dan paling dicintai dalam sejarah klub ini," bunyi pernyataan resmi Manchester United.

"Sir Bobby adalah pahlawan bagi jutaan orang, tidak hanya di Manchester, atau Inggris, tapi dimanapun sepak bola dimainkan di seluruh dunia."

Lantas, berada di urutan berapa Sir Bobby Charlton dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Inggris? Berikut ini daftar selengkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Daftar Top Skorer Sepanjang Masa Timnas Inggris

10. Vivian Woodward (29 gol)

Vivian Woodward adalah striker Inggris yang memiliki 23 caps antara 1903 hingga 1911, serta mencetak 29 gol. Dia adalah satu-satunya pemain Inggris yang memiliki rasio lebih dari satu gol yakni 1,26 gol per laga dan membuat Frank Lampard yang mencetak 29 dalam 106 pertandingan tersingkir dari daftar ini.

9. Tom Finney (30 gol)

Pahlawan Preston North End pada era 40-an dan 50-an memiliki rasio gol terendah dalam daftar ini, yakni 0,39 per laga. Namun, itu bukanlah hal mengejutkan, karena Finney yang memiliki 76 caps merupakan winger dan bukan striker murni.

8. Alan Shearer (30 gol)

Rekor pencetak gol terbanyak Premier League untuk Shearer dengan 260 gol sepertinya akan aman untuk sementara waktu. Namun, posisinya di daftar ini bisa terancam. Dia mencetak 30 gol dalam 63 penampilan.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Top Skorer Sepanjang Masa Timnas Inggris

7. Nat Lofthouse (30 gol)

Lofthouse juga memiliki rasio gol per pertandingan yang terbaik di Timnas Inggris pada 1950-an, karena mencetak 30 gol dari 33 caps. Dia juga mencetak 285 golnya untuk Bolton Wanderers dan jadi striker hebat sepanjang masa Trotters.

6. Michael Owen (40 gol)

Meskipun karier kerap dilanda cedera, tetapi selama 10 tahun, Owen jadi andalan The Three Lions dengan mencetak 40 gol dari 89 caps. Pada Piala Dunia 1998 atau turnamen debutnya, dia mencetak gol solo indah melawan Argentina dan menandai kemunculannya di panggung dunia.

5. Jimmy Greaves (44 gol)

Greaves adalah pemain yang namanya besar bersama Tottenham Hotspur serupa Kane. Dia mengoleksi 44 gol dari 57 caps bersama Timnas Inggris atau rasionya 0,77 gol per laga.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Top Skorer Sepanjang Masa Timnas Inggris

4. Gary Lineker (48 gol)

Pemenang sepatu emas Piala Dunia 1986 dengan mencetak 10, Lineker gagal membawa Tim Tiga Singa juara karean aksi Diego Maradona. Pemain yang pernah mencetak lima hattrick bagi Inggris ini total mengoleksi 48 gol dari 80 caps dengan jersey Timnas Inggris.

3. Bobby Charlton (49 gol)

Pemenang Piala Dunia 1966 itu mencetak gol pada debutnya pada 1958. Dia menggeser rekor 30 gol milik Tom Finney dan Nat Lofthous 30 gol pada 1963, hingga akhirnya mencetak 49 gol dari 106 caps bersama Timnas Inggris.

2. Wayne Rooney (53 gol)

Rooney memang hanya mencetak satu gol di Piala Dunia saat melawan Uruguay pada 2014. Namun, pemain yang mempersembahkan 53 gol dari 120 caps untuk Three Lions itu garang di Piala Eropa.

Dia telah mencetak enam golnya di Piala Eropa yang membuatnya berada di urutan keempat pencetak gol terbanyak Inggris di Piala Eropa di bawah Kane, Lineker, dan Shearer.

1. Harry Kane (61 gol)

Pemain yang memenangkan Sepatu Emas Piala Dunia pada 2018 itu mencapai 50 gol hanya dalam tujuh tahun memperkuat Timnas Inggris atau rasionya 0,7 gol per pertandingan. Kini, Kane telah mencetak 61 gol dari 87 caps dan jumlahnya masih bisa bertambah.

Sumber: FourFourTwo

Video Populer

Foto Populer