Sukses


Presiden FIFA Umumkan Arab Saudi sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Bola.com, Jakarta - Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengumumkan Arab Saudi resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Infantino menyebut terpilihnya Arab Saudi telah mendapat persetujuan dari keenam konfederasi.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Presiden FIFA kesembilan itu juga menyebutkan terpilihnya Arab Saudi membuat Piala Dunia 2026, 2030, dan 2034 bakal berlangsung di lima benua dan 10 negara.

"Acara terbesar di Bumi akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada 2026, di Amerika Utara. Dua edisi berikutnya Piala Dunia FIFA akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol), dengan tiga pertandingan perayaan satu abad berlangsung di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay) pada 2030 dan di Asia (Arab Saudi) pada 2034," tulis Infantino.

"Tiga edisi, lima benua, dan 10 negara terlibat dalam pementasan pertandingan di turnamen tersebut. Itulah yang menjadikan sepak bola benar-benar mendunia!" lanjutnya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Australia Mundur dari Pencalonan

Selain Arab Saudi, Australia awalnya sempat mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun belakangan, Australia memilih mundur dalam bidding tersebut.

Situasi tersebut membuat Arab Saudi menjadi satu-satunya negara yang siap menggelar Piala Dunia 2034, hingga penutupan bidding pada Selasa (31/10/2023).

Arab Saudi pun menjadi negara Asia ketiga yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sebelumnya ada Korea Selatan, Jepang, dan Qatar yang dipercaya menghelat turnamen akbar sepak bola tersebut.

"Proses penawaran disetujui melalui konsensus melalui Dewan FIFA, di mana telah diwakili keenam konfederasi, setelah melakukan dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif. Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan dari Indonesia

Indonesia awalnya sempat ingin menggandeng Australia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, Indonesia juga mundur dan mendukung Arab Saudi menggelar turnamen tersebut.

"Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding Piala Dunia berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya," kata Ketua PSSI, Erick Thohir.

 

4 dari 4 halaman

Unggahan Gianni Infantino

Video Populer

Foto Populer