Sukses


VIDEO: J1 League 2023 Selesai, Yokohama FC Menjadi Tim yang Paling Menderita

Bola.com, Jakarta Perhelatan  J1 League 2023 sudah berakhir dan meninggalkan banyak cerita. Salah satu cerita terpenting adalah soal tim-tim yang mampu promosi dan degradasi musim ini.

Musim depan, J1 League akan diikuti 20 tim. Alhasil, musim ini hanya ada satu tim yang terdegradasi dan ada tiga tim dari J2 League yang promosi.

Yokohama FC menjadi satu-satunya tim J1 League musim ini yang akan turun kasta ke J2 League musim depan. Sementara itu, Tokyo Verdy, Jubilo Iwata dan Machida Zelvia sukses promosi ke J1 League musim depan.

Yokohama FC jadi juru kunci klasemen dengan hanya mengumpulkan 29 angka. Mereka terpaut empat poin dari tim di peringkat ke-17, Kashiwa Reysol. Fulie harus kembali turun ke kasta kedua setelah hanya semusim di divisi teratas.

Yokohama FC memang bisa dibilang tim yoyo yang naik turun kasta. Mereka promosi ke J1 League pada 2019, degradasi pada 2021, langsung promosi pada 2022, dan kini 2023 kembali harus terdegradasi.

Sementara itu, Machida Zelvia berhasil jadi juara dengan mengumpulkan 87 poin dari 42 laga sepanjang musim. Zelvia berhasil promosi ke kasta teratas untuk kali pertama sepanjang sejarah klub sejak berdiri pada 1989 dan sejak masuk ke J League pada 2012.

 

Video Populer

Foto Populer