Sukses


4 Fakta Mengejutkan dari Liga Champions Tadi Malam: Gol Debut Wonderkid Man City!

Bola.com, Jakarta - Matchday keenam Liga Champions telah rampung digelar pada Kamis (14/12/2023) dini hari WIB. Dengan begitu, lengkap sudah 16 tim yang berhasil lolos ke fase knockout kompetisi elite Eropa tersebut. Namun, ada sejumlah fakta menarik yang muncul setelah pertandingan.

Dari delapan pertandingan yang digelar pada Kamis (14/12/2023), Porto menjadi tim dengan kemenangan terbesar, yaitu 5-2 atas Shakhtar Donetsk.

Kemenangan itu sekaligus memastikan klub Portugal itu menjadi pendamping Barcelona lolos ke 16 Besar Liga Champions dari Grup H.

Kemudian Man City berhasil meraih kemenangan 3-2 di markas Crvena Zvezda, di mana Pep Guardiola juga memberikan kesempatan kepada pemain mudanya untuk tampil dan hasilnya memuaskan.

Man City lolos ke 16 Besar Liga Champions dengan meraih kemenangan sempurna dalam enam laga yang mereka jalani.

Sementara Barcelona justru harus takluk 2-3 dari Antwerp. Meski demikian, klub Catalan itu tetap lolos ke 16 Besar Liga Champions.

Nasib yang berbeda dengan AC Milan yang menang 2-1 atas Newcastle United, tetapi gagal lolos ke 16 Besar karena PSG berhasil menahan imbang Borussia Dortmund dengan skor 1-1 di Signal Iduna Park.

Lantas ada fakta-fakta menarik apa yang lahir dari hasil pertandingan terakhir fase grup Liga Champions tadi malam? Berikut ulasannya:

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 5 halaman

Gol Debut Micah Hamilton

Dalam duel antara Crvena Zvezda kontra Man City, Pep Guardiola membuat keputusan menarik dengan memainkan sejumlah pemain pelapis, seperti Micah Hamilton, Oscar Bobb, dan Stefan Ortega. Bahkan Micah Hamilton berhasil mencatatkan debutnya di tim senior Man City dalam laga malam Eropa tersebut.

Tidak sampai di situ, pemain berusia 20 tahun itu bukan hanya meraih debutnya di tim senior, tetapi juga berhasil mencetak gol pertamanya untuk tim senior Man City.

Micah Hamilton mencetak gol pembuka kemenangan Man City pada menit ke-19 setelah menerima umpan dari Matheus Nunez.

Selain itu, Micah Hamilton menjadi pemain termuda nomor dua asal Inggris yang berhasil mencetak gol dalam laga debutnya di Liga Champions setelah Marcus Rashford melakukannya bersama Manchester United pada 2017.

Micah Hamilton mencetak gol debut ini pada usia 20 tahun 30 hari, sementara Rashford melakukannya pada usia 19 tahun 316 hari pada 2017 silam.

3 dari 5 halaman

Duo Eks Real Madrid Jadi Pencetak Gol Tertua Liga Champions Musim Ini

Jika ada pencetak gol termuda, tentu ada pula pencetak gol tertua. Menariknya, label itu melekat untuk dua pemain yang pernah bermain bersama Real Madrid, Pepe dan Sergio Ramos.

Pepe mencetak gol ketiga Porto dalam kemenangan 5-3 atas Shakhtar Donesk. Gol itu membuat Pepe menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Liga Champions musim ini dengan 40 tahun 290 hari.

Sementara Sergio Ramos yang mencetak gol ketika Sevilla kalah 1-2 dari Lens pada Rabu (13/12/2023) dini hari WIB, mencatatkan angka itu pada usia 37 tahun 257 hari.

Tak hanya menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Liga Champions musim ini, tetapi keduanya merupakan bek tersubur dalam sejarah Liga Champions.

4 dari 5 halaman

Lamine Yamal Catat Rekor Baru

 

Pemain muda Barcelona, Lamine Yamal, mencatatkan rekor baru di Liga Champions saat Barcelona kalah 2-3 di markas Antwerp. Saat itu, Lamine Yamal memberikan assist untuk gol pertama Barcelona yang dicetak Ferran Torres.

Assist itu menjadikan Lamine Yamal sebagai pemain usia 16 tahun pertama dalam sejarah Liga Champions yang memberikan assist dalam turnamen itu.

Usianya pada hari ini adalah 16 tahun dan 153 hari.

5 dari 5 halaman

2 Tim Inggris Jadi Juara Grup, 2 Lainnya Jadi Juru Kunci

 

Kemenangan Man City pada matchday keenam membuat tim asuhan Pep Guardiola itu lolos dengan status meraih poin sempurna dalam 6 laga yang dimainkan di fase grup. Man City pun menjadi juara Grup G dengan torehan 18 poin.

Bukan hanya Man City yang lolos ke 16 Besar Liga Champions dengan status juara grup, tetapi Arsenal yang ada di Grup B pun mendapatkan status yang sama setelah mengoleksi 13 poin dari 16 laga, unggul empat poin dari PSV Eindhoven yang menjadi runner-up.

Menariknya, ada dua tim Inggris yang lolos sebagai juara grup, tetapi ada dua tim juga yang gagal lolos karena menjadi juru kunci di grup masing-masing.

Pertama tentu ada Manchester United yang kalah 0-1 dari Bayern Munchen pada matchday terakhir, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat MU hanya memiliki empat poin dari enam laga yang mereka mainkan di Liga Champions musim ini.

Kedua, ada Newcastle United yang kalah 1-2 dari AC Milan pada laga terakhir Grup F Liga Champions, Kamis dini hari WIB. Newcastle United sedikit lebih baik dari MU, di mana The Magpies tersingkir dengan memiliki lima poin dari enam laga, meski sama-sama berada di dasar klasemen.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer