Sukses


5 Momen Panas Liga Italia Sepanjang Tahun 2023: Naik Turunnya Napoli, Juventus Telan Pil Pahit

Bola.com, Jakarta - Satu pekan lagi sudah berganti tahun dari 2023 ke 2024. Dunia sepak bola Italia atau yang dikenal dengan Serie A, mengalami banyak hal sepanjang tahun ini.

Peta persaingan di Liga Italia mendapat perhatian khusus, sebab di tahun inilah saat tim-tim besar seperti Juventus, AC Milan, dan Inter Milan kurang banyak berbicara untuk bersaing di kompetisi domestik.

Juventus misalnya yang tertatih-tatih sejak tahun lalu. Bahkan Bianconeri harus absen bermain di kompetisi Eropa, sebuah pencapaian terburuk Si Nyonya Tua dalam beberapa dekade.

Kejutan justru ditorehkan Napoli. Tim yang berasal dari Italia selatan tampil luar biasa di tahun 2023, hingga membuat mereka kembali menciptakan sejarah.

Yuk simak momen-momen panas Liga Italia yang terjadi di sepanjang tahun 2023.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 7 halaman

Napoli Akhiri Penantian Panjang

Usai sudah penantian panjang Napoli untuk meraih gelar juara Serie A alias Scudetto. Tim berjulukan Il Partenopei itu dipastikan menjadi juara Serie A 2022/2023.

Keberhasilan Napoli itu dipastikan pada Jumat (5/5/2023) dini hari WIB. Mereka meraih satu poin yang diperlukan untuk memastikan gelar juara di kandang Udinese.

Hasil imbang di Dacia Arena itu membuat Napoli memiliki 80 poin dari 33 laga. Dengan lima laga sisa, tak mungkin ada lagi tim di Serie A musim ini yang mampu mengejar torehan poin Piotr Zielinski dkk.

Sebab, Lazio yang berada di posisi kedua baru memiliki 63 poin dengan jumlah pertandingan yang sama dengan yang sudah dijalani Napoli. Bagi Napoli, gelar juara ini menyudahi penantian panjang 33 tahun saat mereka terakhir kali juara.

3 dari 7 halaman

Juventus Dikenai Hukuman

Juventus telah dijatuhi hukuman pengurangan 10 poin di Liga Italia, tentunya hal ini menghambat peluang mereka untuk lolos ke Liga Champions tahun depan.

Pengadilan Banding Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menjatuhkan hukuman pemotongan sepuluh angka terhadap Juventus pada Senin (22/5/2023) atau hanya beberapa menit sebelum melawan Empoli.

Sanksi ini adalah buntut dari skandal capital gain atau pemalsuan pembukuan keuangan yang dilakukan Juventus dan berujung sanksi pemangkasan 15 poin pada Januari 2023.

Namun, hukuman kepada Juventus itu dicabut untuk sementara oleh Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) pada April 2023. Si Nyonya Tua kembali mendapatkan 15 angka.

Sanksi ini membuat Juventus harus merelakan posisi mereka yang terjun bebas dari peringkat kedua menjadi peringkat ketujuh dengan nilai 62.

4 dari 7 halaman

Kekalahan Memalukan Napoli

Napoli seperti terjun bebas di musim 2023/2024, status mereka sebagai juara bertahan Serie A, ternyata tak ada apa-apanya di ajang Coppa Italia.

Napoli di luar dugaan kalah telak dari Frosinone pada ajang 16 besar Coppa Italia 2023/2024. Sang juara bertahan Serie A itu kalah 0-4 dari Frosinone di hadapan rumah sendiri, Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Rabu (20/12/2023) dini hari WIB.

Pesta gol Frosinone diawali Enzo Barrenechea menit ke-65. Disusul Giuseppe Caso menit 70. Lalu penalti Walid Cheddira menit 90+1. Plus Abdou Harroui menit 90+5.

Bagi Napoli, ini adalah kekalahan kandang terbesar mereka di kompetisi ini sejak dibekuk Lazio 0-4 pada tahun 1958.

5 dari 7 halaman

Dari Teman Jadi Lawan

Istilah tersebut pantas disematkan pada perseteruan antara Inter Milan dan Romelu Lukaku. Kedua pihak memutuskan berpisah setelah melalui drama.

Singkat cerita masa peminjaman Lukaku di Inter Milan sudah habis musim panas atau Juni lalu. Di saat hendak ingin memperpanjang lagi kontraknya, Lukaku dan Chelsea sedang bernegosiasi untuk kans bergabung ke Juventus.

Seperti diketahui Juventus dan Inter Milan adalah rival, kubu Inter geram dan akhirnya memutuskan hubungan dengan Lukaku. Bukannya bergabung ke Juventus, pemain Belgia itu justru ditampung oleh AS Roma.

6 dari 7 halaman

Kebangkitan Inter Milan

Menjelang pergantian tahun ke 2024 menjadi titik balik Inter Milan untuk bangkit. Mereka untuk sementara menjadi tim terkuat di Serie A.

Hal itu dibuktikan dengan posisi mereka di puncak klasemen sementara musim 2023/2024. Nerazzurri sampai dengan berita ini ditulis, di urutan pertama dengan nilai 41, unggul empat poin dari Juventus.

Rekor apik dicatatkan pasukan Simone Inzaghi dengan menjadi tim paling subur maupun paling minim kebobolan. Inter mencetak 39 gol dan baru kemasukan tujuh kali.

Jika berhasil merebut gelar juara scudetto musim ini, mereka akan menyudahi penantian dua musim terakhir yang diraih AC Milan dan Napoli.

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Kesayanganmu

Video Populer

Foto Populer