Sukses


Kiprah Klub-Klub J.League di Piala Dunia Antarklub: Prestasi Terbaik Diukir Kashima Antlers

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia Antarklub 2023 telah resmi berakhir. Trofi juara berhasil diraih Manchester City setelah sukses mengalahkan Fluminense.

Man City bentrok dengan Fluminense di King Abdullah Sports City, Jeddah, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB. Bermain dominan, The Citizens berhasil membungkam juara Copa Libertadores 2023 tersebut dengan skor 4-0.

Keempat gol kemenangan Manchester City disarangkan Julian Alvarez pada menit ke-1 dan 88', gol bunuh diri Nino menit ke-27, dan Phil Foden menit ke-72.

Piala Dunia Antarklub diikuti wakil-wakil dari enam konfederasi anggota FIFA plus satu tim tuan rumah. Dari Asia (AFC), Jepang kerap mengirimkan wakil mereka, entah sebagai juara Liga Champions Asia ataupun perwakilan tuan rumah.

Lalu, bagaimana kiprah dan catatan klub-klub J.League selama mengikuti Piala Dunia Antarklub? Berikut ini ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 10 halaman

2007 (Urawa Red Diamonds - Peringkat 3)

J.League kali pertama mengirimkan wakil di edisi Piala Dunia Antarklub 2007, yang juga digelar di Jepang. Meski mendapatkan jatah tuan rumah, Urawa Red Diamonds tampil di kompetisi tersebut dengan status juara Liga Campions Asia 2007.

Urawa Red berhasil menang 3-1 lawan Sepahan (Iran) yang menjadi wakil Asia di perempat final, lalu kalah 0-1 dari AC Milan di semifinal via gol tunggal Clarence Seedorf.

Pada perebutan tempat ketiga, Urawa Red Diamonds bermain imbang 2-2 lawan Etoile du Sahel (Tunisia) hingga 90 menit, dan menang adu penalti dengan skor 4-2.

Pemain Urawa Red asal Brasil, Washington, mencetak tiga gol sepanjang turnamen dan menjadi top skorer turnamen.

 

3 dari 10 halaman

2008 (Gamba Osaka - Peringkat 3)

Kembali digelar di Jepang, kali ini Gamba Osaka yang jadi wakil J.League di Piala Dunia Antarklub, juga berstatus sebagai juara Liga Champions Asia.

Gamba Osaka menang 1-0 atas Adelaide United (Australia) di perempat final, sebelum kalah 3-5 dari Manchester United di semifinal. Tim J.League kembali menempati peringkat ketiga.

Gamba Osaka menang 1-0 melawan Pachuca (Meksiko) pada laga perebutan tempat ketiga.

 

4 dari 10 halaman

2011 (Kashiwa Reysol - Peringkat 4)

Kashiwa Reysol hadir di Piala Dunia Antarklub 2011 sebagai wakil tuan rumah setelah menjuarai juara J1 League 2011, dan harus memulai turnamen dari laga playoff.

Kashiwa Reysol menang 2-0 atas Auckland City (Selandia Baru) dan lolos ke perempat final, mereka lalu menang adu penalti 4-3 lawan Monterrey (Meksiko) setelah bermain imbang 1-1 di perempat final.

Pada semifinal, Kashiwa Reysol kalah 1-3 dari klub Brasil, Santos, lewat gol dan aksi-aksi Neymar Jr. Di perebutan tempat ketiga, Kashiwa Reysol kalah penalti 3-5 lawan Al-Sadd (Qatar).

 

5 dari 10 halaman

2012 (Sanfrecce Hiroshima - Peringkat 5)

Wakil J.League hadir lagi di Piala Dunia Antarklub sebagai tuan rumah, Sanfrecce Hiroshima adalah juara J1 League 2012.

Sanfrecce menang 1-0 lawan Auckland City (Selandia Baru) di playoff, lalu kalah 1-2 dari Al Ahly (Mesir) di perempat final. Sanfrecce menang 3-2 lawan Ulsan Hyundai (Korea Selatan) pada laga perebutan tempat kelima.

 

6 dari 10 halaman

2015 (Sanfrecce Hiroshima - Peringkat 3)

Sanfrecce Hiroshima kembali jadi wakil J.League pada edisi 2015, sebagai wakil tuan rumah setelah menjadi J1 League 2015.

Sanfrecce menang 1-0 atas Auckland City (Selandia Baru) di playoff, lalu menang 3-0 kontra TP Mozambique (Kongo) di perempat final, sebelum kalah 0-1 dari River Plate (Argentina) di semifinal.

Di perebutan tempat ketiga, Sanfrecce menang 2-1 lawan Guangzhou Evergrande (China).

 

7 dari 10 halaman

2016 (Kashima Antlers - Runner-up)

Kashima Antlers yang jadi juara J1 League 2016 dan berstatus wakil tuan rumah di Piala Dunia Antarklub 2016.

Kashima Antlers lalu secara luar biasa menang tiga kali beruntun dengan skor 2-1 melawan Auckland City (Selandia Baru), 2-0 kontra Mamelodi Sundowns (Afrika Selatan), dan 3-0 atas Atletico Nacional (Kolombia), lalu lolos ke final.

Ini jadi kali pertama dan satu-satunya hingga sekarang klub J.League mampu lolos ke partai final Piala Dunia Antarklub. Di final, Kashima Antlers kalah 2-4 dari Real Madrid yang menang via hat-trick Cristiano Ronaldo.

 

8 dari 10 halaman

2017 (Urawa Red Diamonds - Peringkat 5)

Urawa Red jadi wakil Asia setelah juara Liga Champions Asia 2017. Mereka harus langsung kalah 0-1 lawan Al-Jazira (UEA) di perempat final.

Di perebutan tempat kelima, Urawa Reds menang 3-2 lawan Wydad Casablanca (Maroko).

 

9 dari 10 halaman

2018 (Kashima Antlers - Peringkat 4)

Setahun berselang, giliran Kashima Antlers yang juara Liga Champions Asia dan jadi wakil di Piala Dunia Antarklub.

Antlers menang 3-2 lawan Guadalaraja (Meksiko) pada perempat final, sebelum kalah 1-3 dari Real Madrid di semifinal via hat-trick Gareth Bale.

Dalam duel perebutan tempat ketiga, Antlers kalah 0-4 dari River Plate (Argentina).

 

10 dari 10 halaman

2023 (Urawa Red Diamonds - Peringkat 4)

Setelah absen lima tahun, wakil J.League kembali ke Piala Dunia Antarklub lewat Urawa Red Diamonds yang jadi juara Liga Champions Asia 2022.

Urawa Reds menang 1-0 lawan Leon (Meksiko) di perempat final, lalu kalah 0-3 dari Manchester City di semifinal lewat gol-gol Mateo Kovacic, Bernardo Silva, dan gol bunuh diri Marius Hoibraten.

Di perebutan tempat ketiga, Urawa Reds kembali kalah, kali ini dengan skor 2-4 dari Al Ahly (Mesir).

Video Populer

Foto Populer