Sukses


5 Pemain Legendaris yang Zonk Saat Jadi Pelatih, Terbaru Wayne Rooney: Gary Neville Sampai Kapok, Shearer Bawa Newcastle Degradasi

Bola.com, Jakarta - Ada saatnya dalam karier setiap pesepakbola waktunya untuk gantung sepatu, tidak peduli seberapa hebat pemain tersebut.

Sementara beberapa eks pemain beralih menjadi pengamat, banyak pula yang sering kali mencoba peruntungan menjadi pelatih. 

Bagi mereka yang mencapai status legendaris sebagai pemain, daya tarik untuk meniru kesuksesan cemerlang mereka di lapangan sebagai manajer terlalu kuat untuk ditolak.

Pemain-pemain seperti Pep Guardiola, Zinedine Zidane, dan Diego Simeone telah melalui transisi dari pemain ke pelatih terlihat mudah.

Namun beberapa pemain hebat ternyata tidak cocok ketika berperan sebagai pelatih. Kariernya merosot drastis ketika menjadi juru taktik. 

 

Mengutip GIVEMESPORT, Bola.com merangkum lima nama pelatih yang performanya tidak secemerlang ketika masih jadi pemain. 

 

2 dari 6 halaman

Wayne Rooney - Derby County, D.C. United, Birmingham City

Sangat masuk akal untuk memulai dengan kasus terbaru dari seorang manajer yang dipecat. Adalah Wayne Rooney yang merupakan pemain yang sangat luar biasa.

Rooney layak disebut salah satu pemain terbaik Inggris yang masih menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United sepanjang masa.

Namun ketika banting setir menjadi pelatih, 'Wazza'-panggilan Rooney dapat dikatakan selalu gagal bersinar di setiap klub yang pernah ia datangi.

Dimulai Derby County, yang dirusak oleh masalah di luar lapangan selama masa jabatannya, akhirnya terdegradasi pada tahun 2022 setelah pengurangan 21 poin.

Dia kemudian pindah ke tim MLS D.C. United, tetapi pergi pada Oktober 2023 setelah gagal mencapai babak playoff.

Tapi dia tidak masuk dalam daftar ini karena dua pekerjaan itu. Tugasnya yang menyedihkan di Birmingham City yang membuatnya mendapat tempat di sini.

Bayangkan Rooney dipecat setelah hanya 15 pertandingan saat ia membuat klub yang berada di urutan keenam turun ke urutan ke-20! Dia hanya membawa tim merasakan dua kemenangan sejak mengambil alih pada Oktober 2023.

 

3 dari 6 halaman

Edgar Davids - Barnet, Olhanense

Edgar Davids adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia pada masa jayanya, menjadi pemain utama di lini tengah untuk tim-tim seperti Ajax, AC Milan, dan Juventus.

Dia mengakhiri karier bermainnya di lingkungan yang tidak terlalu glamor di tim kasta rendah Liga Inggris Barnet, di mana dia ditunjuk sebagai manajer pemain pada Oktober 2012.

Segalanya dimulai dengan awal yang menggembirakan bagi pria asal Belanda ini, sebelum kemudian berubah menjadi lebih buruk.

Pernyataan-pernyataan aneh yang dibuat oleh Davids selama berada di klub termasuk desakan untuk mengenakan nomor punggung 1 untuk pemain lini tengah dan menolak untuk menghadiri pertandingan tandang yang mengharuskannya menginap.

Dia mengundurkan diri dari pekerjaannya pada Januari 2014 dengan rekor keseluruhan 25 kemenangan dari 68 pertandingan.

Tujuh tahun kemudian, Davids kembali menjadi pelatih, kali ini bersama tim Portugal S.C Olhanese. Di sini ia hanya bertahan selama enam bulan sebelum dipecat. Peran terakhirnya adalah sebagai asisten pelatih tim nasional Belanda.

4 dari 6 halaman

Gary Neville - Valencia

Sebagai seorang juara delapan kali Premier League dan dua kali juara Liga Champions sebagai pemain di Manchester United, Gary Neville pastinya mendapat sambutan hangat setiap kali ia kembali ke 'Theatre of Dreams' dalam perannya saat ini sebagai pundit untuk Sky Sports.

Namun, ia mungkin tidak akan menerima sambutan yang sama jika ia kembali ke Valencia - di mana ia menghabiskan waktu singkat sebagai pelatih kepala antara Desember 2015 dan Maret 2016.

Mantan pemain internasional Inggris ini merupakan penunjukan yang mengejutkan di mata banyak orang, terutama karena ia tidak memiliki pengalaman manajerial dan tidak bisa berbahasa Spanyol.

Neville hanya mampu memenangkan 10 dari 28 pertandingan sebagai pelatih dan melihat timnya dihancurkan 7-0 oleh Barcelona di Copa del Rey sebelum ia dipecat.

Sejak saat itu, ia mengatakan bahwa waktunya di Valencia membuatnya tidak ingin menjadi manajer lagi.

5 dari 6 halaman

Alan Shearer - Newcastle

Alan Shearer tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Premier League dengan 260 gol.

Namun, meskipun ia dikenang sebagai salah satu pemain terbaik Liga Inggris, masa jabatannya sebagai manajer sementara Newcastle United, tim yang sangat dicintainya pada tahun 2009 tidak dapat dilupakan.

The Magpies yang terancam degradasi memanggil sang legenda klub, Shearer, di akhir-akhir musim 2008/09 setelah pelatih tetap mereka saat itu, Joe Kinnear, harus absen karena sakit.

Untuk mengatakan bahwa Shearer sudah tidak bisa berbuat banyak, mungkin akan lebih tepat. Dia hanya meraih lima poin dari kemungkinan 24 poin saat Newcastle terdegradasi ke Championship di hari terakhir musim tersebut.

Mungkin dapat dimengerti, Shearer tidak pernah menunjukkan ketertarikannya pada dunia kepelatihan sejak kegagalan kala itu. 

6 dari 6 halaman

Thierry Henry - Monaco, Montreal Impact, Prancis U-21

Setelah menikmati karier yang luar biasa sebagai pemain, Thierry Henry selalu berjuang keras untuk mengulangi prestasinya sebagai manajer.

Legenda Arsenal ini memulai karier kepelatihan seniornya sebagai asisten Roberto Martinez di tim nasional Belgia, sebelum mengambil alih posisi pelatih di mantan timnya, Monaco, pada Oktober 2018.

Dia dipecat hanya tiga bulan dalam masa kepemimpinannya setelah cuma memenangkan empat dari 20 pertandingan sebagai pelatih.

Henry kemudian menjadi manajer klub MLS, Montreal Impact. Dalam 29 pertandingan sebagai manajer tim asal Kanada itu, ia hanya memenangkan sembilan pertandingan.

Pemenang Piala Dunia 1998 ini meninggalkan posisinya pada 2021, mengungkapkan bahwa ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya yang tinggal di London.

Henry kemudian kembali untuk periode kedua sebagai asisten manajer Belgia dan sempat bekerja di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kini ia menjadi pelatih Prancis U-21. Setelah enam pertandingan sebagai manajer, ia telah memenangkan empat pertandingan dan kalah dalam dua pertandingan. Mungkin dia akan membuktikan bahwa kita salah.

Video Populer

Foto Populer