Sukses


Kabar Duka, Legenda Timnas Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola berduka. Pada hari Selasa (09/01/2024) dini hari WIB muncul kabar legenda Timnas Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia pada usia 78 tahun. 

Pihak keluarga Franz Beckenbauer telah mengeluarkan statement resmi. Dalam keterangan ini disebutkan pemenang Piala Dunia satu kali itu meninggal dunia sejak hari Minggu (07/01/2024). 

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya," tulis keterangan tersebut kepada kantor berita Jerman, DPA. 

"Kami mohon agar Anda mengizinkan kami untuk berduka dalam keheningan dan menahan diri untuk tidak mengajukan pertanyaan apapun," lanjut keterangan tersebut. 

Untuk diketahui, Franz Beckenbauer memenangkan Piala Dunia sebagai kapten Jerman Barat pada tahun 1974 dan mengangkat trofi itu lagi sebagai manajer pada tahun 1990.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak

Sosok Franz Beckenbauer layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Jerman. 

Bukan cuma juara Piala Dunia sebagai pelatih dan pemain, Beckenbauer, yang berposisi sebagai bek, bermain 582 kali bersama Bayern Munchen.

Total ia memenangkan lima gelar juara Bundesliga sebagai pemain dan pelatih. Mendapat julukan 'Der Kaiser', ia juga menjadi juara Piala Eropa 1972 plus dua kali Ballon d'Or twice.

 

3 dari 3 halaman

Pribadi Hebat

Uli Hoeness, presiden kehormatan Bayern dan mantan rekan setimnya, menggambarkan Beckenbauer sebagai "pribadi terhebat yang pernah dimiliki oleh klub".

"Sebagai seorang pemain, pelatih, presiden, pribadi: tak terlupakan. Tidak akan ada yang bisa menyamainya," ujar Hoeness.

"Orang-orang dapat mengatakan bahwa mereka melihat sepak bola pada masa Franz Beckenbauer. Dia adalah seorang teman bagi saya, seorang rekan yang unik - dan sebuah hadiah bagi kita semua," tambahnya. 

Sumber: BBC 

Video Populer

Foto Populer