Sukses


VIDEO: Soal Adanya Kartu Biru, Ini Tanggapan Pelatih Timnas Inggris dan Timnas Portugal

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Inggris dan Timnas Portugal memberikan tanggapannya terhadap inisiatif untuk memperkenalkan 'kartu biru' ke dalam dunia sepak bola.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) dilaporkan akan mempublikasikan peraturan baru untuk uji coba penerapan kartu biru dan sin-bins.

Kartu biru sendiri adalah hukuman yang diberikan wasit untuk mengusir para pemain selama 10 menit karena perbedaan pendapat antar pemain atau saling menyindir.

Pengaplikasiannya dalam sepak bola, pemain yang dua kali mendapatkan kartu biru bakal diganjar kartu merah. Hukuman kartu merah juga akan berlaku jika mendapatkan kartu kombinasi kuning dan biru atau sebaliknya.

Penggunaan kartu biru sebenarnya sudah diterapkan pada beberapa pertandingan menyusul pertemuan tahunan Maret tahun lalu. Laga-laga amatir di Inggris dan Wales dijadikan ajang uji coba sin-bins.

Tidak heran jika kartu biru dan sin-bins alias kotak pendosa ini berjalan sukses di tingkatan amatir dan remaja. Sebab, pertandingan di kasta amatir memang kerap rentan dengan perselisihan antarpemain, baik fisik maupun lisan.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate setuju dengan adanya peraturan baru ini. Senada dengan Southgate, pelatih Timnas Portugal juga setuju tentang penerapan kartu biru dan sin-bins ini di dalam dunia sepak bola dengan tujuan untuk menjadikan sepak bola lebih baik lagi.

Video Populer

Foto Populer