Sukses


Comeback Sempurna! Survivor Kanker Bawa Pantai Gading Angkat Trofi Juara Piala Afrika 2023

Bola.com, Jakarta - Pantai Gading berhasil memastikan diri menjadi juara Piala Afrika 2023 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Nigeria di laga final yang igelar di Stade Olympique Alassane Ouattara, Senin (12/2/2024) dini hari WIB.

Pantai Gading sempat tertinggal lebih dulu dari Nigeria dalam laga final Piala Afrika 2023 ini lewat gol yang dicetak William Troost-Ekong pada menit ke-38. Hingga akhir babak pertama, Nigeria tetap mempertahankan keunggulannya itu.

Baru pada menit ke-62, Franck Kessie berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke-62. Memanfaatkan umpan dari Simon Adingra, mantan pemain Barcelona itu menjebol gawang Nigeria.

Kedudukan imbang membuat Pantai Gading makin termotivasi untuk membalik keadaan. Hasilnya, pada menit ke-81, kembali berawal dari umpan Simon Adingra, kali ini Sebastien Haller yang berhasil menjebol gawang Nigeria.

Striker Borussia Dortmund yang pada 2022 lalu didiagnosis mengidap kanker itu menjadi penentu kemenangan Pantai Gading sekaligus menjadi juara Piala Afrika 2023.

2 dari 3 halaman

Mimpi yang Jadi Kenyataan

Setelah kemenangan 2-1 atas Nigeria itu, Sebastian Haller pun mengungkapkan rasa bahagianya bisa turut mengantarkan negaranya menjadi yang terbaik di Afrika pada tahun ini.

"Kami memimpikan momen ini berulang kali. Kami berharap bisa mencapai titik ini dan sekali lagi pertandingannya tidak mudah," ujar Haller seperti dilansir dari BBC Sports.

"Pemandangan menggembirakan yang kita lihat sekarang, apa yang terjadi di negara ini, mereka pantas mendapatkannya. Saya sangat berharap ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pujian dari Legenda Pantai Gading

 

Gol penentu kemenangan yang dicetak oleh Sebastian Haller dalam pertandingan final Piala Afrika 2023 ini benar-benar luar biasa. Haller tak ragu melakukan penyelesaian akhir dengan flick setelah menerima umpan silang dari Simon Adringra.

Ini bukan satu-satunya gol penentu kemenangan bagi Pantai Gading yang dicetak Haller. Sebelumnya, Haller juga mampu menjadi penentu kemenangan Pantai Gading atas Kongo di semifinal.

Kontribusi besar pemain yang bangkit dari keterpurukan karena kanker itu pun mendapatkan pujian dari legenda sepak bola Pantai Gading, Kolo Toure.

"Saya sangat gembira untuk Haller. Ia melalui masa-masa yang sulit dan ia tampil luar biasa untuk tim," ujar Kolo Toure.

"Ia merupakan orang yang rendah hati, ia bekerja keras untuk tim. Ia adalah orang yang benar-benar ingin membantu rekan-rekan setimnya."

"Saya sangat gembira ia mencetak gol itu, gol yang sangat fantastis baginya dan negara ini," lanjutnya.

Sumber: BBC Sports

Video Populer

Foto Populer