Sukses


Tandang ke Real Sociedad, Kans Terakhir Kylian Mbappe Juara Liga Champions bersama PSG

Bola.com, Jakarta - Persiapan Paris Saint-Germain (PSG) untuk pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions dini hari nanti, tandang ke Real Sociedad, dibayangi oleh cara Pelatih Luis Enrique menangani Kylian Mbappe.

PSG telah menderita banyak kekalahan memalukan di tahap Liga Champions ini dalam beberapa tahun terakhir, namun kali ini mereka berada dalam posisi yang ideal untuk melaju ke perempat final, setelah menang 2-0 di kandang tim Basque pada leg pertama bulan lalu.

Mbappe mencetak gol pembuka dalam pertandingan itu tetapi keesokan harinya striker superstar itu memberi tahu PSG tentang niatnya untuk pergi ketika kontraknya berakhir pada akhir musim.

Luis Enrique mungkin diharapkan untuk memanfaatkan kemampuan memanggil Mbappe sampai saat itu tiba, namun dia malah berusaha mengurangi waktu bermain pencetak gol terbanyaknya itu.

Kylian Mbappe start dari bangku cadangan untuk pertandingan PSG berikutnya di Nantes, meskipun ia masuk untuk mencetak penalti dalam kemenangan 2-0.

Seminggu kemudian Kylian Mbappe menjadi kapten di kandang melawan Rennes, tetapi digantikan pada menit ke-65. Penggantinya Goncalo Ramos kemudian mencetak gol penyeimbang dalam laga yang berakhir 1-1.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Membiasakan Diri Tanpa Mbappe

Mbappe telah membuat hampir 300 penampilan untuk PSG sejak tiba dari Monaco pada tahun 2017, namun sebelumnya ia hanya ditarik keluar pada awal pertandingan karena cedera atau karena PSG sudah menang.

Namun Jumat lalu dia terpikat di babak pertama saat bermain imbang 0-0 di Monaco, dan sekali lagi tidak ada pertanyaan apakah dia cedera atau bahkan Luis Enrique mencoba menyelamatkan superstarnya untuk Liga Champions.

“Cepat atau lambat kami harus bermain tanpa dia, jadi saya mencoba mencari cara terbaik untuk melakukannya,” kata sang pelatih.

 

3 dari 5 halaman

Kesan Manis

Komentarnya muncul setelah dia dengan tegas menyatakan dalam konferensi pers pekan lalu bahwa PSG akan memiliki 'tim yang jauh lebih baik' musim depan, saat Mbappe diperkirakan akan bermain untuk Real Madrid.

Mbappe, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa PSG dengan 244 gol, tampak bersemangat untuk menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan dirinya di Monaco saat ia keluar dari ruang ganti setelah jeda.

Setelah berganti pakaian olahraga, dia berjalan mengelilingi lapangan sambil melambai kepada para penggemar dan kemudian duduk di tribun di samping ibunya, bukan di bangku cadangan di samping rekan satu timnya.

 

4 dari 5 halaman

Seharusnya Jangan Diperlakukan Demikian

PSG mampu bereksperimen di Ligue 1 mengingat mereka memimpin klasemen dengan selisih sembilan poin dari Brest dengan 10 pertandingan tersisa. Namun, keputusan Luis Enrique untuk menangani Mbappe dengan cara seperti itu menjelang pertandingan penting Eropa dipertanyakan.

"Saya tidak mengerti. Saya mendapat kesan bahwa sejak dia mengatakan kepada klub bahwa dia akan pergi, dia telah dihukum oleh pelatih, atau mungkin hukuman tersebut dijatuhkan oleh direksi,” kata Alain Roche, mantan bek dan direktur olahraga PSG yang kini bekerja sebagai pakar di Canal+.

“Saya pikir tidak pantas untuk membuat kontroversi seperti itu empat hari sebelum pertandingan penting seperti leg kedua melawan Sociedad.”

 

5 dari 5 halaman

Kans Terakhir Juara Liga Champions bersama PSG

Mbappe telah mencetak 32 gol dalam 33 pertandingan untuk klubnya musim ini, termasuk empat gol di Liga Champions.

Tidak ada pemain PSG lain yang mencapai angka ganda, dan Mbappe pasti akan menjadi starter di San Sebastian saat juara Prancis itu menuntaskan kewajibannya bersama Les Parisien.

Namun demikian, PSG sangat familiar dengan kekalahan dramatis di babak sistem gugur Liga Champions.

Dua dari kekalahan mereka yang paling terkenal terjadi di Spanyol pada pertandingan babak 16 besar setelah mereka menang di kandang sendiri pada leg pertama. Dua tahun lalu mereka mengalahkan Madrid 1-0 di Paris dan kemudian unggul berkat Mbappe, hanya kebobolan tiga kali di babak kedua dan tersingkir.

Pada tahun 2017 mereka mengalahkan Barcelona 4-0 di kandang, namun menyerah dan kalah 6-1 di Camp Nou. Keluarnya lagi kali ini, melawan lawan yang lebih lemah dan mengingat cara Luis Enrique menangani Mbappe, akan menjadi bencana bagi pelatih dan klub.

Yang jelas, tahun ini adalah kesempatan terakhir Kylian Mbappe menuntaskan dahaganya menjadi juara Liga Champions bersama PSG.

Video Populer

Foto Populer