Sukses


Arsenal Lolos Dramatis ke Perempat Final Liga Champions, Mikel Arteta Bantu Hapus Kutukan Selama 14 Tahun

Bola.com, Jakarta - Arsenal baru saja memastikan langkahnya menuju babak 8 besar Liga Champions setelah menang adu penalti atas FC Porto, Rabu dini hari (13/3/2024) WIB.

Laga tersebut berlangsung cukup ketat, The Gunners hanya mampu melesakkan satu gol lewat Leandro Trossard pada menit ke-41. Pemain Timnas Belgia itu berhasil menjebloskan bola usai memanfaatkan umpan manis dari Martin Odegaard.

Sementara itu, FC Porto kesulitan untuk menembus gawang Arsenal yang dijaga oleh David Raya. Gol tunggal Arsenal yang dicetak di babak pertama itu membuat skor agregat menjadi 1-1 sebab Porto menang 1-0 di leg pertama.

Skor agregat itu pun bertahan selama 90 menit waktu pertandingan sehingga permainan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Namun, tidak ada gol yang tercipta di perpanjangan waktu dan pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu penalti, keempat penendang Arsenal menunjukkan tajinya dengan mampu menggetarkan jala FC Porto. Keempat penendang itu adalah Martin Odegaard, Kai Havertz, Bukayo Saka, dan Declan Rice.

Kiper Arsenal, David Raya, tampil gemilang pada laga malam itu, tidak hanya perkasa pada waktu normal, kiper asal Spanyol itu juga mampu menghalau dua tendangan pemain FC Porto di babak adu penalti.

Dua penyelamatan heroik David Raya itu mengantarkan Arsenal lolos ke babak 8 besar Liga Champions musim ini setelah terakhir 14 tahun yang lalu.

2 dari 3 halaman

Keluar dari Kutukan 14 Tahun

Momen itu menjadi kebahagiaan bagi para penggemar klub asal London Utara, baik yang memenuhi Emirates Stadium, maupun yang menyaksikan lewat layar kaca.

Sang manajer, Mikel Arteta, menjadi manajer pertama yang berhasil membawa Arsenal keluar dari kutukan 16 besar setelah 14 tahun.

"Sangat bahagia. Sudah 14 tahun, merupakan waktu lama bagi klub seperti Arsenal dan itu menunjukkan betapa sulit itu. Kami benar-benar harus bekerja keras untuk menemukan momen ajaib di Emirates Stadium," ungkap Mikel Arteta kepada TNT Sports, Rabu (13/3/2024) pagi WIB.

"Kami mulai menciptakan energi yang luar biasa di stadion, kami semua berusaha untuk menyelesaikannya dan bersama-sama kami telah melakukannya,” lanjutnya.

 
3 dari 3 halaman

Sudah Siap Melakukan Adu Penalti

Mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City itu mengaku telah mempersiapkan strategi untuk adu penalti sebelum laga itu.

Mikel Arteta memberikan apresiasi kepada tiap orang yang berkontribusi dalam kemenangan itu, khususnya kepada pelatih kiper berkat penampilan memukau David Raya.

Arteta menyebut sangat sulit untuk bermain melawan Porto karena mereka sangat kompetitif. Meskipun tidak mendapatkan banyak momen mengendalikan permainan, pelatih berkebangsaan Spanyol itu senang karena timnya mampu mencetak gol di momen yang sangat penting.

Pelatih yang pernah menimba ilmu di Barcelona itu merasa semua pihak bekerja sangat keras dalam kelolosan Arsenal ke babak 8 besar Liga Champions.

Menurutnya, semua orang mengambil keputusan yang baik dan menunjukkan keberanian dalam menghadapi pertandingan. Arteta juga berterima kasih kepada pendukung The Gunners yang telah memberikan pesan dan energi yang positif.

"Terima kasih banyak. Kami sangat mencintai mereka, energi yang mereka berikan, betapa positifnya mereka, bagaimana mereka berkontribusi. Mereka membuat kami menang, sesederhana itu," pungkas Arteta. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: TNT Sports

Video Populer

Foto Populer