Sukses


5 Aturan Baru di Sepak Bola untuk Musim 2024 / 2025: Kartu Biru Tidak Termasuk

Bola.com, Jakarta - Bakal ada peraturan baru di musim 2024/2025. Ini setelah anggota parlemen sepak bola – juga dikenal sebagai Dewan FA Internasional (IFAB) – menyetujui lima peraturan baru untuk diterapkan. 

Sementara, tiga peraturan lainnya akan menjalani proses uji coba setelah mendapat persetujuan dari IFAB pada Rapat Umum Tahunan ke-138 ( AGM) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia di Loch Lomond, Skotlandia.

Dasar dari lahirnya peraturan baru ini adalah perilaku pemain di Liga Inggris dan sepak bola secara luas.

Dengan adanya regulasi baru, para petinggi berupaya menerapkan peraturan untuk meningkatkan eksklusivitas olahraga ini – dengan memberikan lebih banyak kebebasan dan perlindungan kepada para pejabat.

Lima aturan baru di sepak bola tersebut berlaku mulai 1 Juli 2024. Jadi, jika ada kompetisi yang bergulir sebelum tanggal itu, maka bebas menerapkannya lebih awal atau menunda implementasinya hingga selambat-lambatnya dari awal kompetisi berikutnya.

Apa saja aturan baru yang akan diterapkan di sepak bola dunia? 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Aturan yang Baru

Tim akan diperbolehkan melakukan pergantian pemain tambahan karena gegar otak permanen, di luar jatah yang diberikan. Jika ada pemain yang menunjukkan tanda-tanda gegar otak, berapa pun jumlah pergantian pemain yang telah mereka lakukan, tim masih bisa melakukannya. 

Namun, hal ini ditetapkan sebagai opsi kompetisi kasus per kasus sesuai dengan protokol yang diperlukan.

Dua perubahan telah dilakukan pada Hukum 4: Perlengkapan Pemain. Pemain sepenuhnya bertanggung jawab atas ukuran dan kesesuaian pelindung tulang kering untuk mengoptimalkan perlindungan pemain setiap saat. Sementara itu, setiap tim harus memiliki kapten dengan ban kapten yang terlihat dan dapat dikenali.

Di tempat lain, dalam ketentuan Hukum 12: Pelanggaran dan Pelanggaran, setiap handball yang dianggap tidak disengaja, yang mengakibatkan penalti, diatur untuk ditangani dengan cara yang sama seperti pelanggaran.

Saat melangkah untuk mengambil penalti, aturan baru menyatakan bahwa pemain harus memastikan bahwa bagian bola menyentuh atau menggantung di tengah titik penalti.

Selain itu, gangguan yang dilakukan oleh pemain outfield hanya akan dikenakan sanksi – dan mempunyai efek yang merugikan – jika berdampak pada pemain yang menembak dari jarak 12 yard.

 

3 dari 4 halaman

3 Uji Coba Baru Dikonfirmasi

Dua uji coba yang dirancang untuk membantu wasit dalam mengatur perilaku pemain telah disetujui pada RUPS IFAB.

Zona khusus kapten, di mana hanya kapten dari masing-masing pihak yang diperbolehkan mendekati wasit, akan diberlakukan. Ini untuk mencegah wasit dibombardir setelah mereka mengambil keputusan.

Jika terjadi konfrontasi massal, wasit diberi lampu hijau untuk menghentikan pertandingan, yang dikenal sebagai periode pendinginan.

Wasit akan diizinkan untuk memberi tahu tim untuk pergi ke area penalti mereka sendiri. Ini untuk memastikan semua pihak yang terlibat telah ‘tenang’ dan siap untuk melanjutkan pertandingan.

Penjaga gawang juga akan mendapat manfaat dari perubahan baru ini. Mereka diperbolehkan menahan bola lebih lama, dari enam menjadi delapan detik. Jika mereka menahan bola lebih lama dari periode delapan detik, penguasaan bola akan diberikan kepada tim lawan.

 

4 dari 4 halaman

Kartu Biru Tidak Termasuk

Perincian terkait usulan kartu biru, hampir dipublikasikan oleh IFAB bulan lalu. Namun para penggemar dan pimpinan sepak bola sama-sama secara terbuka menentang integrasi tersebut.

Gianni Infantino, presiden FIFA, mengatakan organisasinya “sepenuhnya menentang” penggunaan kartu biru di level atas sepak bola.

Namun dalam kabar terbaru yang dirilis IFAB, tidak disebutkan soal kartu biru. Setelah perubahan-perubahan ini ditinjau oleh para petinggi, barulah penerapan sin bins dan kartu biru yang lebih luas akan dipertimbangkan.

Sumber: Givemesport

Video Populer

Foto Populer