Sukses


Kebijakan Ekstrem FIFA: Piala Dunia U-17 Digelar 1 Tahun Sekali Mulai 2025, Qatar Jadi Tuan Rumah hingga 2029

Bola.com, Zurich - FIFA merumuskan kebijakan ekstrem. Periode penyelenggaraan Piala Dunia U-17 diubah dari dua tahun menjadi setahun sekali.

Mulai 2025, Piala Dunia U-17 akan berlangsung setiap tahun. Qatar ditunjuk menjadi tuan rumah dalam lima edisi sampai 2029.

Keputusan untuk mengadakan Piala Dunia U-17 setahun sekali adalah hasil dari rapat Dewan FIFA di Kantor FIFA, Zurich, Swiss, pada Kamis (14/3/2024).

Selain itu, Piala Dunia U-17 Putri juga bakal berputar setiap tahunnya dengan Maroko sebagai tuan rumahnya pada 2025-2029.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peserta Bertambah

FIFA juga memperbanyak jumlah peserta Piala Dunia U-17 dari 24 menjadi 48 negara. "Ini sebagai bagian dari komitmen teguh badan pengelola terhadap sepak bola remaja dan memperluas turnamen," tulis FIFA.

"Hal ini menyusul seruan global untuk menyatakan minat buat menjadi tuan rumah kedua turnamen tersebut dengan fokus memantaafkan penggunaan infrastruktur sepak bola demi efisiensi dan keberlanjutan turnamen," jelas FIFA.

Piala Dunia U-17 terakhir kali digelar di Indonesia pada November-Desember 2023. Timnas Jerman U-17 keluar sebagai juara setelah mengalahkan Timnas Prancis U-17.

3 dari 4 halaman

Dominasi Nigeria

Piala Dunia U-17 pertama kali berputar pada 1985 di China. Sejak saat itu, Timnas Nigeria U-17 mendominasi dengan lima gelar, disusul Timnas Brasil U-17 lewat empat trofi.

"Kami mengumumkan Qatar dan Maroko sebagai tuan rumah selama lima edisi Piala Dunia U-17 baik putra dan putri mulai 2025-2029," ungkap Presiden FIFA, Gianni Infantino, di akun Instagramnya, @gianni_infantino.

"Selamat Qatar dan Maroko. Saya yakin Anda akan membantu FIFA dalam mempromosikan generasi bintang sepak bola berikutnya, baik putra maupun putri, selama beberapa tahun ke depan," ujar Infantino.

4 dari 4 halaman

Pengumuman Presiden FIFA

Video Populer

Foto Populer