Sukses


Italia Banyak PR usai Cuma Menang Tipis atas Venezuela di Laga Uji Coba

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia meraih kemenangan tipis 2-1 atas Venezuela dalam sebuah uji coba di Stadion Chase, Florida, Jumat (22/3/2024) pagi WIB. Gli Azzurri harus berterima kasish kepada striker Mateo Retegui yang menjadi bintang kemenangan.

Mario Retegui membuka keunggulan Timnas Italia pada menit ke-40, menyambut umpan Andrea Cambiaso. Namun Venezuela mampu menyamakan kedudukan melalui gol Darwin Machis menjelang babak pertama usai.

Mateo Retegui memastikan kemenangan La Nazionale setelah kembali mencetak gol di menit ke-80 menyelesaikan Jorginho. Kendati menang, Italia memiliki setumpuk pekerjaan rumah menjelang Euro 2024 Juni mendatang.

Pelatih Timnas Italia Luciano Spalletti menegaskan Azzurri masih memiliki beberapa kelemahan yang wajib dibenahi.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Formasi Baru

Untuk pertama kalinya sejak menjabat pelatih Timnas Italia, Spalletti memulai dengan sistem 3-4-2-1 namun beralih ke formasi klasik 4-3-3 di 15 menit terakhir. Kemudian malah lebih meyakinkan dan menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol.

“Saya pikir kami melakukan beberapa hal bagus, namun terkadang kami bersikap lemah,” kata Spalletti kepada Rai Sport via Football Italia.

“Ketika kami melakukan kesalahan seperti yang berujung pada tendangan penalti lawan, membicarakan sistem tidak ada gunanya. Performanya bagus dengan pertahanan tiga orang dan formasi 4-3-3.”

3 dari 4 halaman

Bekerja Keras

Gigio Donnarumma sama impresifnya dengan Retegui saat ia menyelamatkan tendangan penalti pada menit ketiga dan melakukan penyelamatan penting lainnya di babak kedua untuk menggagalkan upaya Jhonder Cádi.

“Tentunya dari segi kekuatan dan dampak fisik, kami harus memberikan sesuatu yang lebih karena terkadang kami dangkal. Terlepas dari sistemnya. Pertama-tama, kita perlu memperbaiki hal ini. Ini adalah titik awalnya. Lalu kita bisa membicarakan sisanya," lanjut Spalletti.

4 dari 4 halaman

Pujian untuk Retegui

Spalletti turut member pujian kepada Mateo Retegui, Bintang Genoa Retegui kini telah mencetak empat gol dalam lima penampilan bersama La Nazionale. Laga persahabatan Italia berikutnya adalah melawan Ekuador di RedBull Arena, Salzburg, 24 Maret mendatang

“Siapa yang mencetak gol selalu memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan yang lain."

“Dia membantu tim dengan menahan bola, dia kuat dengan sundulan, dia pemain yang mengandalkan fisik. Dia melakukan apa yang seharusnya dia lakukan," jelas Spalletti memungkasi.

 

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer