Sukses


5 Pesepak Bola Top yang Pernah Terlibat Kasus Kriminal dan Dipidana Penjara, Teranyar Robinho

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Timnas Brasil, Robinho, terlibat kasus kriminal serius dan dijatuhi pidana penjara selama sembilan tahun. Dia pun sudah harus mulai menjalani hukuman tersebut di negara asalnya, Brasil, Kamis (21/3/2024).

Robinho adalah salah satu dari enam pria yang dihukum karena memerkosa seorang wanita Albania di sebuah klub di Italia pada 22 Januari 2013.

Pihak berwenang Italia mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional untuk Robinho. Namun, eks pemain Real Madrid itu menghindari penjara dengan pulang ke negara kelahirannya Brasil.

Robinho melakukan pemerkosaan saat memperkuat AC Milan di tahun 2013. Dia dihukum pada 2017 di pengadilan Italia dan menjalani hukumannya di Brasil atas permintaan pihak berwenang Italia.

Pria yang kini berusia 40 tahun tersebut melakukan banding hingga bertahun-tahun dan berdasarkan hukum Italia, hukumannya tidak akan dimulai sampai proses banding selesai.

Hingga akhirnya, Pengadilan Tinggi Brasil telah mempertimbangkan kembali permintaan pihak berwenang di Italia.

Sembilan dari 15 hakim memilih pemain itu untuk menjalani hukuman di negara asalnya, Rabu (20/3/2024). Akibatnya, Robinho harus segera mendekam di penjara untuk mempertanggungjawabkan aksi tak terpujinya tersebut.

Selain Robinho, sejumlah pesepak bola top dunia juga pernah terlibat kasus kriminal dan dijatuhi hukuman penjara. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Adam Johnson

Mantan gelandang Manchester City dan Sunderland itu menghabiskan lima tahun di penjara. Adam Johnson dinyatakan bersalah melakukan aktivitas seksual dengan seorang gadis berusia 15 tahun pada Maret 2016.

Pria Inggris itu dipecat dari Sunderland dan dilucuti dari kesepakatan sponsornya dengan Adidas. Dia dibebaskan pada 2021 dan dilaporkan menjalani kehidupan mewah karena investasinya.

 

3 dari 6 halaman

Benjamin Mendy

Setelah bergabung ke Manchester City, prestasi Benjamin Mendy hancur saat mengenal sejumlah wanita. Bek kiri itu didakwa dengan tujuh tuduhan pemerkosaan terhadap empat wanita, bersama dengan satu tuduhan kekerasan seksual.

Dia dibebaskan dengan jaminan setelah menjalani hidupnya di dalam tahanan selama 134 hari. Meski demikian dia ditangguhkan untuk tidak berlaga di Premier League dan tidak dipanggil lagi di Timnas Prancis.

 

4 dari 6 halaman

Diego Maradona

Legenda Argentina, Diego Maradona, dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Dia terkenal karena keterampilan menggiring bola, kecepatan, kelincahan, dan kecerdikannya.

Tetapi Maradona pernah melakukan penembakan untuk mengusir beberapa fotografer dan jurnalis di rumahnya di luar Buenos Aires pada 1994. Persidangannya diseret selama bertahun-tahun, dan baru pada 1998 Maradona dijatuhi hukuman penjara dua tahun 10 bulan.

 

5 dari 6 halaman

Ronaldinho

Legenda Barcelona tersebut pernah mendekam di penjara saat berkunjung ke Paraguay pada Maret 2020. Ronaldinho diduga menggunakan paspor palsu ketika masuk ke Paraguay.

Atas perbuatannya itu, eks pemain AC Milan tersebut harus mendekam di penjara Paraguay, dan menjadi tahanan rumah selama lima bulan. Pria yang kini berusia 44 tahun itu dinyatakan bebas pada Agustus 2020.

Dia dinyatakan bebas setelah membayar denda sebesar 70 ribu poundsterling (Rp 1,3 miliar) secara tunai, dan diizinkan pulang ke Brasil.

6 dari 6 halaman

Joy Barton

Joy Barton harus mendekam di penjara selama 74 hari pada Mei 2008. Bahkan, Barton tak hanya sekali masuk hotel prodeo.

Sepanjang kariernya, total hukuman penjara yang dijatuhkan kepada Barton mencapai 10 bulan. Saat memperkuat Newcastle United, Borton divonis bui selama enam bulan sejak Mei 2008 gara-gara terbukti bersalah dalam penyerangan dan perkelahian.

Dia lalu kembali ke Newcastle. Dua bulan berikutnya, dia kembali dinyatakan bersalah atas penyerangan kepada mantan rekan setimnya, Ousmane Dabo, saat latihan. Barton kemudian dihukum empat bulan. 

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer