Sukses


VIDEO: 4 Stadion Paling Bising di Dunia, Salah Satunya Kandang Liverpool

Bola.com, Jakarta - Tim sepak bola tiada artinya tanpa adanya dukungan dari suporter. Itu juga berlaku untuk tim-tim top Eropa seperti Manchester United, Liverpool, Real Madrid, Barcelona, AC Milan hingga Juventus.

Suporter dianggap sebagai pemain ke-12 bagi tim saat bermain di kandang. Mereka kerap memberikan dukungan yang membuat semangat pemain naik berlipat-lipat.

Selain itu, aksi intimidasi kepada tim lawan membuat tim tamu bisa kena mental saat berlaga. Tentu para suporter ini harus militan dan memberikan dukungan selama 90 menit.

Bak seorang pemain yang tengah bertarung di lapangan, para suporter tersebut juga tidak kenal lelah memberikan dukungannya. Meski timnya tertinggal, mereka tetap berteriak lantang memberi dukungan.

Dari ratusan suporter yang lantang berteriak ini, ada sejumlah stadion yang paling berisik di dunia. Stadion ini selalu ramai ketika timnya berlaga dan para suporter ini selalu berisik saat memberikan dukungan.

Salah satu stadion yan terkenal dengan suara suporter yang lantang ialah Anfield. Selama bertahun-tahun, Anfield tetap menjadi salah satu stadion terbaik di dunia dalam kategori jumlah kehadiran penonton, popularitas, dan status. Terutama untuk tribune yang bernama stand Kop.

Kop merupakan stand tingkat tunggal terbesar di dunia. Tribune ini menampung ribuan pendukung tuan rumah yang paling vokal dan bersemangat yang biasa dikenal publik sebagai Kopites.

Dalam survei 2011 oleh Fan Chants, terungkap bahwa kebisingan pendukung Liverpool mencapai level 97 desibel. Angka ini lebih unggul dari rival mereka yakni Manchester United yakni 94 desibel.

Namun, selain stadion milik Liverpool, Anfield, masih ada stadion lainnya yang selalu berisik saat memberikan dukungan. Berikut empat stadion paling berisik di dunia.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Film yang diangkat berdasarkan kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastur gereja Katolik Roma.
    Film yang diangkat berdasarkan kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastur gereja Katolik Roma.
    Film yang diangkat berdasarkan kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastur gereja Katolik Roma.

    Spotlight

  • Berita Video

Video Populer

Foto Populer