Sukses


Julian Nagelsmann Jadi Kuda Hitam Calon Pelatih Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool masih terus memburu pelatih untuk mengisi posisi yang akan ditinggalkan Jurgen Klopp. Klopp akan meninggalkan Anfield seiring dengan berakhirnya musim ini.

Sejumlah nama mencuat ke permukaan dan tiga di antaranya yang paling beken adalah Zinedine Zidane, Thomas Tuchel, serta pelatih Bayer Leverkusen, yakni Xabi Alonso.

Namun, sejauh ini belum ada kepastian siapa yang akan menggantikan Klopp. Di tengah pusaran kepastian tersebut, muncul nama lain yang dianggap sebagai kuda hitam.

Siapa? Dia adalah pembesut Timnas Jerman, Julian Nagelsmann. Ini jelas di luar dugaan, mengingat pria berusia 36 tahun itu tak masuk daftar kuat guna menukangi The Reds.

Namun, menurut seorang jurnalis bernama Ben Jacobs baru-baru ini, Nagelsmann mendapat nilai sangat tinggi dalam analisis data.

Nagelsmann pernah menukangi klub raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, sejak awal musim 2021/2022 tetapi dipecat pada Maret 2023 setelah petinggi Die Roten menilai klub mengalami kemuduran di liga.

Pada September 2023, Nagelsmann ditunjuk sebagai juru taktik Timnas Jerman, mengambil alih sembilan bulan terakhir persiapan menjelang Euro 2024 pada Juni mendatang.

Kontrak pelatih muda ini kabarnya akan rampung pada Oktober tahun ini atau tak lama setelah Euro 2024. Itu berarti, Nagelsmann kemungkinan menerima pinangan Liverpool.

Jacobs mengakui Nagelsmann dan satu kandidat lainnya yaitu Ruben Amorim dari Sporting CP mendapat nilai bagus dalam analisis data Liverpool. Namun, ia mengungkapkan klub ingin memahami kenyataan praktis tentang siapa yang paling cocok dalam periode transisi ini.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Banyak Pilihan

“Liverpool, seperti biasanya, akan mempunyai lebih dari satu pilihan. Jadi, wajar kalau Alonso disebut sebagai calon yang difavoritkan. Saya pikir Roberto De Zerbi juga dapat dipertimbangkan," kata Jacobs, Rabu (27/3/2024). 

"Ruben Amorim nilainya memang tidak terlalu tinggi, tapi dia ada di sana dan bisa saja masuk dalam daftar terakhir karena mendapat nilai yang sangat tinggi dalam analisis data. Hal serupa juga terjadi pada Julian Nagelsmann."

“Namun, data hanya membawa Anda sejauh ini. Liverpool ingin memahami fakta praktis tentang siapa yang akan menjadi pelatih sepak bola yang paling cocok dalam transisi, kepribadian, strategis, dan terbaik. Inilah sebabnya mengapa proses mereka akan dilakukan sesuai ketentuan dan jangka waktu tertentu. Mereka akan sangat teliti," imbuh Jacobs. 

 

3 dari 4 halaman

Pencarian Terus Berlanjut

Kepergian Klopp tentunya meninggalkan kesedihan mendalam di hati para pendukung setia Liverpool. Maklum, sejak ditunjuk pada 2015, Klopp tek pernah berhenti membuat sensasi.

Pelatih berusia 56 tahun itu memenangi gelar Liga Premier dan Liga Champions selama berada di Anfield dan beberapa penghargaan domestik yang menempatkannya di antara deretan mantan pelatih hebat The Reds.

Menurut presenter beIN Sports Richard Keys, Liverpool telah meyakinkan manajer Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, untuk kembali ke Merseyside.

Hanya saja, Alonsi itu juga menarik perhatian mantan klubnya lainnya, Bayern Munchen.

Alonso telah mengesankan calon pelamar, setelah membawa Leverkusen ke puncak Bundesliga dengan keunggulan sepuluh poin, serta semifinal Piala Jerman dan perempat final Liga Europa.

Musim ini, selain kembali berpeluang memenangkan gelar Liga Inggrid 2023/2024, Klopp juga berada di jalur yang tempat untuk menggondol trofi Liga Europa.

Sumber: Givemesport

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer