Sukses


Made in J League: Takehiro Tomiyasu, Kepakkan Sayap hingga Arsenal

Bola.com, Jakarta - Pemain Arsenal, Takehiro Tomiyasu, merupakan salah satu pemain asal Jepang yang bisa mengepakkan sayap hingga jauh. Bagaimana kisah perjalanan kariernya? 

Lahir di Fukuoka di Pulau Kyushu bagian Selatan Jepang, Takehiro Tomiyasu kecil mulai menimba ilmu sepak bola di klub lokal, Avispa Fukuoka, saat berusia 11 tahun.

Sebelum itu, Tomiyasu sempat menjalani uji coba di FC Barcelona Soccer Camp dan tampil gemilang. Ia kemudian mendapat tawaran untuk bergabung di akademi pemain muda Barcelona.

Meski begitu, ia menolak pindah ke Spanyol dalam usia yang masih sangat belia. Tomiyasu lalu menghabiskan waktu lima tahun menjalani pelatihan di akademi pemain muda Avispa Fukuoka.

Setelah itu, Tomiyasu menjalani debutnya di tim senior Avispa pada 2015 dalam laga putaran ketiga Piala Kaisar melawan Machida Zelvia, 14 Oktober 2015. Saat itu, ia berusia 16 tahun 11 bulan.

Ia menjadi starter pada laga ini, meski timnya  kalah 0-2 dan tersingkir. Pada akhir musim, Tomiyasu mendapat kontrak permanen dari Avispa.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Melanglangbuana ke Luar Negeri

Tomiyasu baru menjalani debutnya di J1 League pada 13 Juli 2016 saat Avispa menang 2-1 melawan F.C.Tokyo, bermain sebagai gelandang bertahan, berusia 17 tahun 8 bulan.

Musim itu, total Tomiyasu bermain 16 kali (1.198 menit), 10 laga di antaranya di J1 League dengan Avispa harus terdegradasi ke kasta kedua.

Musim berikutnya, Tomiyasu bermain 35 kali di J2 League musim 2017 dan jadi andalan tak tergantikan di lini belakang, bahkan mampu membawa Avispa lolos ke final playoff promosi.

Dua musim ini rasanya cukup bagi Tomiyasu yang kemudian menatap jauh untuk bisa lebih mengembangkan kariernya.

Tomiyasu lalu memutuskan hijrah ke Sint-Truiden di Belgia, sebelum membela Bologna di Italia, dan kini bermain untuk Arsenal di Premier League.

 

3 dari 3 halaman

Profil Takehiro Tomiyasu

Lahir: Fukuoka, 5 November 1998

Tinggi: 188cm

Posisi: Bek Tengah, Bek Kanan, Gelandang Bertahan

Klub:

2015-2017: Avispa Fukuoka

2018-2019: Sint-Truiden (Belgia)

2019-2021: Bologna (Italia)

2021-sekarang: Arsenal (Inggris)

Sumber: J League

Video Populer

Foto Populer