Sukses


Borussia Dortmund Tembus Final Liga Champions, Pelatihnya Bilang Sudah Firasat Sejak Awal Kok!

Bola.com, Paris - Borussia Dortmund berpesta! Ya, wakil Jerman itu melaju ke final Liga Champions setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 2-0 pada semifinal leg kedua di Parc des Princes, Paris, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB.

Setelah memenangkan leg pertama di kandang sendiri dengan skor tipis 1-0 pekan lalu, pasukan Edin Terzic kembali menampilkan penampilan pertahanan yang luar biasa untuk mencegah Kylian Mbappe dan rekan-rekannya menikmati sepertiga akhir pertandingan.

Borussia Dortmund ternyata kembali mampu menggasak sang raksasa Prancis dengan kemenangan 1-0 pada leg kedua. Adalah bek kawakan Mats Hummels yang menjadi penentu kemenangan Die Borussen melalui gol sundulan memanfaatkan sepak pojok lima menit setelah turun minum.

Hasil ini membuat Borussia Dortmund melangkah ke final untuk berjumpa antara Real Madrid atau Bayern Munchen yang baru akan bertanding di leg kedua semifinal dini hari nanti.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Yakin di Awal

Pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic usai pertandingan mengaku bahwa melaju ke final bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Di saat banyak pihak menganggap laju Dortmund tak akan sejauh ini, timnya bisa mematahkan argumen itu.

Bahkan keyakinan dari skuad Dortmund untuk memasang target ke final sudah dirasakan sejak lolos ke babak 16 besar. Kini mimpi mereka menjadi kenyataan dengan akan tampil di Stadion Wembley dalam sebuah partai final.

"Keyakinan akan final sudah ada sejak awal. Kami membicarakannya untuk pertama kalinya sebelum leg pertama di Eindhoven. Wajah-wajah terlihat sedikit bingung ketika saya mengatakan bahwa rute ke London pendek," ujar Terzic seperti dikutip dari situs resmi klub.

3 dari 4 halaman

Jangan Cepat Puas

Sang pelatih meminta Jadon Sancho dkk. untuk tidak cepat puas karena partai final sudah di depan mata. Dortmund boleh berpesta merayakan kelolosan ke final, namun trofi menjadi yang paling penting untuk mengakhiri puasa gelar Liga Champions sejak 1996/1997.

"Kami telah berkembang di setiap pertandingan. Pada titik tertentu, kami mengalahkan Milan, yang berada di semifinal tahun lalu, maka itu bisa berhasil bagi kami juga. Kami ingin menjadi tim yang belum tentu ada dalam pemetaan mereka," lanjut dia.

4 dari 4 halaman

Pujian untuk Hummels

Selain itu, Terzic turut memberikan pujian kepada Mats Hummels yang menjadi penentu kemenangan timnya. Bek berusia 35 tahun itu masuk daftar pemain tertua ketiga yang mencetak gol di semifinal Liga Champions. Sementara Dortmund akan tampil di final pada tanggal 2 Juni 2024.

"Kami tahu bahwa pertandingan seperti hari ini sering kali dibuka atau ditentukan melalui bola mati. Mats melakukannya dengan sangat baik," kata Edin Terzic tentang momen yang menentukan dalam pertandingan tersebut.

Sumber: Borussia Dortmund

Video Populer

Foto Populer