Sukses


Beda Nasib Jadon Sancho dan Erik ten Hag Musim Ini: 5 Bulan Bawa Dortmund ke Final Liga Champions, yang Satunya Bikin MU Nyungsep

Bola.com, Jakarta - Ada fakta menarik berkaitan dengan kesuksesan Borussia Dortmund melaju ke final Liga Champions 2023/2024. Mereka sukses mengandaskan PSG dengan kemenangan agregat 2-0 setelah duel leg kedua berakhir 1-0 di Stadion Parc des Prince, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB.

Borussia Dortmund kembali menang 1-0 seperti ada pertemuan pertama, dan kali ini ditentukan oleh gol Mats Hummels pada awal babak kedua pertandingan. Fakta menarik itu adalah nasib yang kontras antara Jadon Sancho dan Erik ten Hag, lantas apa hubungannya dengan Dortmund?

Tentu ada, Jadon Sancho merupakan pemain yang ada di dalam skuad Dortmund saat ini dan kesuksesannya ke final Liga Champions. Namun sebelumnya, ia adalah pemain buangan Manchester United (MU), setelah berselisih dengan Erik ten Hag.

Tepatnya pada pertengahan September 2023, Erik ten Hag dan Sancho terlibat perselisihan. Ribut-ribut antara Sancho dan Ten Hag bermula saat MU bertanding melawan Arsenal. Dalam laga yang dimenangi oleh Arsenal dengan skor 3-1 tersebut, Sancho tak masuk dalam susunan pemain.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harus Berpisah

Ten Hag kala itu beralasan bila tak masuknya Sancho ke susunan pemain karena performanya. Dia menilai performa Sancho tak memuaskan kala latihan.

Namun tak lama setelah itu, Sancho buka suara. Dia mengungkapkan apa yang disampaikan oleh Ten Hag tak benar. Bantahan itu disampaikan Sancho melalui media sosialnya.

Perseteruan keduanya berlangsung panas dan lama. Sancho dikeluarkan dari skuad utama MU, berlatih dengan tim muda, hingga akhirnya dilepas dengan status pinjaman ke Dortmund pada jendela transfer musim dingin awal tahun 2024.

3 dari 4 halaman

Sancho Berkibar

Rupanya nasib Jadon Sancho lebih baik setelah pergi dari Old Trafford kembali ke Westfalen. Ia menjadi kepingan kekuatan Dortmund, terutama setelah ikut mengantarkan kemenangan di markas PSG dini hari tadi.

Jadon Sancho kembali menjadi starter pada laga di Paris dini hari tadi. Ia bermain selama 67 menit dan tidak mencetak gol, sebelum ditarik keluar digantikan oleh Niklas Sule.

Meski tak bermain penuh, Sancho tetaplah pemain utama dan andalan Edin Terzik. Sejak digaet dari MU dengan status pinjaman pada bulan Januari lalu, Sancho membawa dampak besar.

Sancho sudah enam kali membela Die Borussen di ajang Liga Champions musim ini. Satu gol ia sarangkan ke gawang PSV Eindhoven pada babak 16 besar. Sementara di Bundesliga, ia bermain 12 kali dan mengemas dua gol.

Kini Sancho berpeluang membawa Dortmund mengulangi sukses menjuarai Liga Champions sejak terakhir kali pada 1996/1997. Dortmund akan bertemu pemenang antara Real Madrid versus Bayern Munchen pada laga final 2 Juni mendatang.

Dengan demikian, Sancho menghabiskan waktu selama lima bulan terakhir untuk mengembalikan reputasinya sebagai pemain berbakat.

4 dari 4 halaman

Ten Hag Jeblok

Kondisi bertolak belakang justru dialami Erik ten Hag bersama MU. Rentetan hasil minor masih menghiasi perjalanan tim Setan Merah di Liga Inggris.

Meski mengamankan tiket ke final Piala FA melawan musuh sekotanya Man City, tapi MU babak belur di Liga Inggris. Terbenam di posisi delapan klasemen sementara.

Marcus Rashford dkk. terpaku di peringkat delapan dengan nilai 54. Mereka baru saja dihajar Crystal Palace 0-4, yang menjadi kekalahan ke-13 sepanjang musim ini.

Kini Ten Hag juga dalam bayang-bayang pemecatan apabila MU masih saja terpuruk gagal tampil di Eropa dan nirgelar musim ini.

Video Populer

Foto Populer