Sukses


Sukses Atalanta Juara Europa League Bikin AS Roma Berpeluang Lolos ke Liga Champions, Apa Syaratnya?

Bola.com, Jakarta - Sukses Atalanta menjuarai Europa League jadi berkah tersendiri buat AS Roma. Peluang Gialorossi lolos ke Liga Champions jadi terbuka. Kok bisa?

Atalanta sukses meraih trofi Europa League setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor telak 3-0, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB. Ademola Lookman jadi pahlawan berkat tiga golnya.

Serie A pun ikut kecipratan berkah. Kasta tertinggi Liga Italia itu kini bisa mengirimkan enam wakil ke Liga Champions.

Untuk saat ini, sudah ada lima tim Serie A yang dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Selain Atalanta, ada Bologna, Juventus, AC Milan, dan Inter. AS Roma bisa menyusul?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Format Berubah, Jumlah Tim Bertambah

Perlu diketahui, format dan jumlah tim peserta Liga Champions per musim depan akan berubah. Serie A, berkat koefisien liga, mendapatkan jatah 4+1 tim.

Atalanta berhak tampil di Liga Champions 2024/2025 setelah juara Europa League, sedangkan Juventus, Bologna, AC Milan, dan Inter mendapatkan tiket karena menempati posisi empat besar.

Karena Atalanta lolos ke Liga Champions dengan status juara Europa League, maka satu slot sisa untuk tim Serie A diputihkan alias diberikan kepada tim lain. Bagaimana syaratnya?

 

3 dari 4 halaman

AS Roma Wajib Menang

Secara matematis, AS Roma masih bisa menyalip Atalanta. Namun demikian, tidak mudah mewujudkan hal tersebut.

AS Roma wajib menang dengan skor besar pada pekan 38 atau laga pemungkas, sementara Atalanta takluk dengan skor besar pula pada pekan 37 Serie A Liga Italia. Kemudian, Atalanta juga harus kalah pada pekan 38 (laga tunda pekan 29).

Atalanta unggul selisih gol (28) atas AS Roma (20), sedangkan perbedaan poin kedua tim adalah tiga. Jadi, butuh keajaiban agar Roma bisa finis di posisi kelima klasemen akhir.

AS Roma akan bertandang ke markas Empoli (posisi 18), sedangkan Atalanta menjamu Torino yang nangkring di posisi ke-9 dan Fiorentina di posisi ke-8.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Italia 2023/2024

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer