Sukses


Secuil Saran Berharga dari Oliver Kahn kepada Manuel Neuer

Bola.com, Jakarta - Oliver Kahn, kiper legenda Bayern Munchen, baru-baru ini mengungkapkan keinginannya untuk melihat Manuel Neuer bermain lebih lama untuk The Bavarian. Selain itu, ia juga memberi sedikit saran ​​kepada kiper Jerman itu.

Pada usia 38 tahun, Manuel Neuer terlihat tidak sekokoh tembok seperti dulu, tetapi ia juga tidak menunjukkan banyak tanda-tanda melambat. Usia 38 adalah angka vital bagi seorang pemain sepak bola dan kebanyakan pemain pada usia tersebut cenderung melambatkan permainannya. Oliver Kahn pun ingin Neuer dapat melakukan hal yang sama.

"Dulu, saya melepaskan beberapa pertandingan untuk Michael Rensing, sehingga saya bisa pulih dan fokus sepenuhnya pada pertandingan-pertandingan penting. Hanya dia yang bisa memutuskan seberapa lama dia ingin bermain,” ungkap Oliver Kahn.

Menurutnya, pada usia di penghujung karier, sudah tidak lagi mungkin untuk bermain 50 hingga 60 pertandingan setiap musim di level tertinggi.

“Pada suatu saat, ini tentang menemukan momen yang tepat untuk pergi. Menemukan waktu yang tepat di sini sama sulitnya dengan memberikan penampilan kelas dunia selama bertahun-tahun," imbuh Kahn.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Fokus Jaga Kondisi Fisik

Tentu sulit untuk tidak mengindahkan saran dari salah satu kiper terhebat dalam sejarah dunia. Namun, mungkin Neuer hanya ingin mengabaikan kenyataan bahwa usianya sudah tidak muda lagi dan ingin terus berada di puncak permainannya.

Kendati demikian, pendapat Kahn bahwa sweeper keeper tidak dapat bermain begitu banyak pertandingan di usia tua ada benarnya. Neuer memang seharusnya fokus untuk menjaga kebugaran dirinya agar setidaknya sedikit tahan terhadap cedera.

Pada usia mudanya, Neuer menjelma menjadi tulang punggung kedigdayaan Bayern Munchen selama bertahun-tahun. Sejak bergabung dari Schalke musim 2011-12, Neuer telah memainkan 521 laga dengan 244 kali catatan Nirbobol. Ia juga membantu memenangkan Bundesliga selama bermusim-musim dan dua gelar Liga Champions.

Sumber: Bavarian Football Works

Penulis: Rayhan Nur Hakim

Video Populer

Foto Populer