Sukses


West Ham Menggelar Kejuaraan E-Sports di Stadion London dan Bakal Pecahkan Rekor Penonton

Bola.com, Jakarta Seperti halnya pergelaran cup competitions bertajuk Piala Liga dan Piala FA di Inggris yang menyelingi Liga Premier, sebuah fenomena serupa terjadi dalam ranah e-sports. Usai peluncuran versi e-sports dari Premier League dilakukan, pekan lalu West Ham bersama perusahaan finansial dan investasi Basset & Gold mengadakan e-sports cup dengan menggunakan gim FIFA 19. 

Kejuaraan mini yang mengganjar total hadiah sebesar 25 ribu pound (Rp 484 juta) bagi pesertanya tersebut berpuncak pada final yang digelar di kandang West Ham, Stadion London, pada 18 November mendatang. Kejuaraan ini terbuka untuk publik di Inggris dengan menyaring peserta melalui kompetisi online hingga ditemukan 16 pemain yang menggunakan platform PS 4 dan Xbox One. 

Juara utama akan meraup hadiah 10 ribu pound (Rp 194 juta) dan hingga pekan lalu telah lolos empat atlet e-sports pengguna PS 4 dengan nama panggung Danny Taylor, Mhaywxrd, Rustem192, Kieran10x; serta empat atlet pengguna XBox One berjulukan Roma Rannerz, Hashtag Shawrey, Losc Cracty, JR7.

Well, gebrakan The Hammers sebagai klub pertama yang menggelar kompetisi e-sports berskala besar ini konsisten dengan fakta bahwa mereka adalah klub Inggris pertama yang membentuk tim e-sports profesional di 2016. 

 

 

2 dari 2 halaman

Kalahkan Jumlah Penonton Sepak Bola?

"Juara dari turnamen yang kami adakan ini akan berpeluang menjadi anggota tim profesional e-sports West Ham untuk FIFA 19. Saya berharap final pada 18 November nanti akan menampilkan para atlet e-sports yang paling berbakat di FIFA 19 dari semua penjuru United Kingdom. Jangan lupa, selama ini Stadion London sudah sering menampilkan pemain-pemain kelas dunia di Liga Premier dan saya rasa sudah saatnya tempat yang sama jadi rumah para atlet e-sports terbaik juga," kata Karim Virani, direktur komersial dan digital West Ham United kepada ESports Observer.  

Pada sisi lain, hal yang paling ditunggu publik London dari gelaran ini adalah pemenuhan janji West Ham untuk menggelar final yang spektakuler dengan disaksikan lebih dari 75 ribu penonton. Angka ini memang terbilang luar biasa karena bakal mengalahkan jumlah rata-rata penonton laga kandang West Ham di Premier League yang ada di kisaran 57 ribu orang. 

Estimasi jumlah penonton yang bakal membludak itu terjadi karena jumlah pendaftar untuk mengikuti kejuaraan luar biasa banyak dan kapasitas Stadion London untuk konser, alias menggunakan area rumput lapangan juga, adalah 79 ribu orang.

Para pengamat e-sports di United Kingdom sendiri melihat inisiatif West Ham akan menjadi barometer sebesar apa sesungguhnya volume peminat e-sports bila dibandingkan gelaran sepak bola sesungguhnya. Mari kita nantikan saja. 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer