Sukses


Platform E-Sports Discord Tembus Nilai Valuasi Rp29,7 Triliun

Bola.com, Jakarta - Platform percakapan dan interaksi electronis sports (e-Sports), Discord, kembali menjadi perbincangan publik. Hal itu terjadi setelah platform yang dikembangkan Discord Inc. tersebut mendapat kucuran investasi.

Seperti dirilis esportinsider, Discord menerima aliran dana dari investor sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2,175 triliun ( 1 dolar AS = Rp14.500). Angka tersebut membuat nilai valuasi Discord ada di titik 2,05 miliar dolar AS atau setara Rp29,7 triliun.

Sokongan dana teranyar membuat deretan investor yang menempatkan dana di Discord bertambah. Kini, Discord disokong Greenoaks Capital, Firstmark, Tencent, IVP, Index Ventures dan Technology Opportunity Partners (TOP).

Discord menjadi perbincangan khalayak setelah sukses mengembangkan platform diskusi dan interaksi para gamer, terutama buat mereka yang berbasis personal computer (PC). Kini, Discord bakal terus berekspansi pada penyediaan toko game PC, dan bekerja sama dengan para vendor pencipta atau pengembang game.

Pada aspek kerja sama dengan para pengembang, Discord menggunakan format bagi hasil 90-10. Hal itu berbeda dengan platform lain, seperti Steam yang memberi kompensasi revenue 70-30.

Menurut sumber internal Discord, tambahan dana bakal mereka gunakan untuk memerlebar kapasitas toko, dan membuka beberapa jenis toko. Discord juga bakal meningkatkan level pengembangan teknologi komunikasi, yang menjadi basis layanan.

Pada bulan lalu, Discord sukses menambah kapasitas penjualan. Selain itu, Discord juga sudah bekerja sama dengan pengembang aplikasi Blitz Esports, terutama dalam hal peningkatan subscriber.

Menurut esportinsider, Discord memiliki 200 juta pengguna terdaftar. Mereka juga sudah mengembangkan unit bisnis, dengan menyediakan konsultasi dalam industri e-Sports.

Discord melayani publik, terutama para gamer, pada Mei 2015. Sejak awal, mereka diprediksi bakal menyalip dua platform serupa, yakni Skype dan Teamspeak. Hal tersebut menjadi kenyataan, karena platform Discord dianggap lebih aman.

Sebelum mendapat tambahan dana pada bulan ini, Discord sudah memastikan diri terjun ke dunia e-Sports. Mereka menyokong beberapa tim besar e-Sports, seperti Cloud9 dan Team Liquid.

Sumber: esportinsider

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer